Home / Peristiwa : HUT KE-77 RI

Ridwan Kamil: Momentum Kebangkitan Indonesia Menuju Negara Adidaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 17 Agu 2022 21:05 WIB

Ridwan Kamil: Momentum Kebangkitan Indonesia Menuju Negara Adidaya

SURABAYAPAGI.COM, KOTA BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77  Republik Indonesia di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8/2022).

Pelaksanaan upacara dilakukan dengan khidmat, dan bertindak selaku Komandan Upacara Peringatan 17 Agustus, yaitu Kadislog Lanud Husein Sastranegara Letkol Kal Yulianto.

Dalam acara tersebut, Ridwan Kamil memberikan piagam penghargaan pendidikan antikorupsi kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar.

Menurut Ridwan Kamil, perayaan HUT ke-77 RI merupakan momen penting dalam mencapai mimpi Indonesia menjadi negara adidaya di tahun 2045 dalam melawan berbagai tantangan yang ada.

"Mari kita jadikan perayaan kemerdekaan yang ke-77 ini sebagai momentum kebangkitan semangat untuk menghadapi beragam tantangan dalam membangun Indonesia yang lebih maju," kata Ridwan Kamil.

"Perayaan tiap tanggal 17 Agustus bagi kita bukan hanya sekadar perayaan memperingati hari kemerdekaan. Perayaan ini juga merupakan momentum penting refleksi arti perjuangan para pendahulu kita merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dan lebih penting lagi bagaimana kita mengisinya dengan sungguh-sungguh," tambahnya.

Dalam sambutannya, Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menuturkan, bahwa pelaksanaan upacara di Jabar berlangsung khidmat.

Ia pun menegaskan, upacara ini jangan hanya dijadikan sebagai seremonial semata, melainkan untuk membangkitkan semangat bangsa Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di kehidupannya.

"Perlu kita hayati bersama, upacara ini tak hanya sekadar seremonial untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan, melainkan bertujuan untuk membangkitkan semangat kebangsaan seluruh masyarakat yang berlandaskan nilai-nlai Pancasila untuk membangun bangsa," ungkap Kang Emil.

"Bangsa kita adalah bangsa yang kuat dan pantang menyerah. Terbukti dari berbagai upaya yang dilakukan para pendahulu saat memperjuangkan kebebasan dari penjajahan," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat yang hadir di tepian Lapangan Gasibu dan juga seluruh stakeholders untuk meneladani sikap pantang menyerah pahlawan.

"Daya juang yang ditunjukkan oleh para pahlawan wajib kita teladani dan kita contoh dalam mengisi kemerdekaan hari ini. Indonesia sebagai bangsa yang menghargai jasa para pahlawan dan pendahulu, jangan pernah menganggap kecil capaian bangsa ini," tandasnya.

Ia menjelaskan pula bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga perayaan kemerdekaan dalam situasi pandemi. Namun begitu, kondisi saat ini jauh lebih terkendali karena sudah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi.

"Jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, Indonesia tergolong sukses dalam pengendalian penyebaran virus COVID-19. Ini semua tentu berkat upaya bersama dan kolaborasi mendorong inovasi dalam menyelesaikan ragam persoalan yang ditimbulkan oleh pandemi ini," pungkas Kang Emil.

Upacara Peringatan HUT ke-77 RI ini dihadiri oleh Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat, Kapolda Jabar Irjen Suntana, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Kajati Jabar Asep Mulyana, dan jajaran Forkopimda. (bdg)

Baca Juga: Gerak Jalan Tematik, Warnai Perayaan HUT RI di Kota Mojokerto

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU