Robert Lewandowski Pindah ke Barcelona, Bayern Malah Untung

Pemain Sepakbola Robert Lewandowski

SURABAYAPAGI.COM, Munich – Bayern Munich diyakini memperoleh keuntungan besar dari kepergian Robert Lewandowski ke Barcelona musim panas ini. Robert Lewandowski pindah ke Barcelona setelah memperkuat jawara Bundesliga, Bayern Muenchen selama delapan musim. 

Kepergian Robert Lewandowski berarti Bayern Muenchen kehilangan sosok yang sudah menyumbangkan lebih dari 300 gol dan berkontribusi membawa klub tersebut memenangi sejumlah trofi.

Mantan pemain Bayern Muenchen, Dietmar Hamann, menilai Bayern tidak perlu khawatir. Di mata Dietmar Hamann, Bayern Muenchen justru diuntungkan tanpa adanya Robert Lewandowski di Allianz Arena.

Dietmar Hamaan meyakini aksi Robert Lewandowski tersebut justru membuat mantan klubnya itu di atas angin dalam menetapkan harga transfernya kepada Barcelona. Meskipun kepergian Lewandowski meninggalkan rasa pahit.

"Saya rasa mereka akhirnya gembira melihat Lewandowski pergi. [Hal ini bermula] Ketika isu tentang perekrutan ini mulai bergulir dan kemudian Lewandowski membuat pernyataan."

"Bisa dikatakan Bayern bertindak sangat baik dan profesional. Lewandowski membuat Bayern ada di posisi diuntungkan dengan pernyataannya. Tanpa hal itu, Bayern tidak akan mendapatkan harga yang mereka inginkan," kata Hamann pada Diario AS, dikutip dari Football Espana.

Kontrak Lewandowski di Bayern tinggal sisa satu musim lagi. Sejak bursa transfer dibuka, Lewandowski sudah menyuarakan keinginannya untuk hengkang dan bermain di Barcelona. Barcelona harus merogoh kocek sebesar 45 juta euro untuk Lewandowski yang kontraknya tinggal tersisa satu tahun.

Dietmar Hamann mengacu kepada sikap Robert Lewandowski pada akhir musim 2021-2022 yang bersikeras ingin pergi dari Bayern, kendati manajemen klub mengatakan tidak berniat melepasnya.

Bayern sendiri sukses mendapatkan penyerang berkualitas dalam diri Sadio Mane. Mereka juga merekrut Matthijs de Ligt dan Mathys Tel. Penjualan Lewandowski tentu bisa ikut meringankan pembelian pemain-pemain anyar tersebut.

Sementara itu Barcelona sendiri menyambut antusias kehadiran Lewandowski. Blaugrana memang butuh sosok mesin gol seiring kepergian Lionel Messi musim lalu,

Lewandowski dinilai punya rataan gol yang berada sejajar dengan level Messi. Di musim lalu, Lewandowski bisa mencetak total 50 gol di seluruh kompetisi.

Robert Lewandowski telah membuat dua penampilan bersama Barcelona di pramusim. Lewandowski belum mencetak gol namun membantu Barca mengalahkan Real Madrid 1-0, dan berimbang dengan Juventus 2-2. Selanjutnya Lewandowski akan bermain lagi saat melawan New York RB di New Jersey, Minggu (31/7/2022). mn