Keluarga Liek Motor Gegeran Lagi

Royce Tuding Muljanto, Ayahnya Serobot Lahannya

Royce Muljanto saat memberikan keterangan.

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Perseteruan keluarga yang terjadi antara Liek Muljanto dan Royce Muljanto kini tengah memasuki babak baru. Perseteruan ayah dan anak ini tak jua menemukan titik terang. Bahkan, gegeran kembali terjadi pada Senin (8/3/2021) kemarin.

Surabaya Pagi yang mengetahui, kabar tersebut langsung merapat ke Liek Motor dan sempat memvideo peristiwa tesebut. Senin (8/3/2021) Royce mendatangi bengkel sekaligus dealer Toyota Liek Motor yang berdiri di sebelah kali Jalan Ketabang Kali Surabaya.

Ia mendatangi dealer milik Liek Muljanto itu dengan berteriak-teriak bahwa bengkel tersebut merupakan miliknya. Dan justru ayahnya Liek, telah menyerobot lahannya.

“Ini adalah bengkel milik saya, SHM atas nama Royce Muljanto. SHM nya ada di Bank Permata oke. yang ada  Toyota Liek Motor. Itu Muljanto yang nyerobot,” ujar Royce, Senin (8/3/2021).

Dalam pengakuannya, Royce mengatakan jika hingga saat ini Muljanto (ayahnya) masih ikut campur terkait bisnis bengkelnya yang berada persis di pinggir kali tersebut. Dirinya mengaku kesal dengan ayahnya lantaran masih mengakuisisi bengkel yang menurut dia merupakan haknya.

"Ini Muljanto mengajari mereka (pegawai Liek motor) untuk menjadi maling, ini bengkel saya dan ini mobil-mobil customer yang masuk ke pekarangan saya. Kalau mau ngomong sama saya silahkan Muljanto saya hadapi," ujar Royce sembari menunjuk mobil-mobil yang sedang diservice dan menuding-nuding Liek Muljanto.

Bahkan, Royce menyebut ayahnya Muljanto sebagai pihak yang mewakili orang Tionghoa. “Muljanto itu ayah saya, tapi mewakili orang China. Hopingnya hoping. Anake dewe ae di ciak (dimakan) sendiri kok. Kurang ajar itu!” lanjut Royce.

 

Ingin Selesaikan Baik-baik

Royce yang mengenakan kaos oblong putih, ingin menyelesaikan baik-baik dengan ayahnya, Liek Muljanto. Namun, menurut Royce, ayahnya Muljanto tak pernah mengindahkan putra pertamanya itu. Padahal, dari pengakuan Royce Senin (8/3/2021) siang itu, ia ingin bekerjasama dengan sang ayah.

"Saya sudah datang baik-baik. Tapi, tujuan Muljanto, dia tidak mau bekerjasama dengan saya. Maunya saya kerja sama dia. Saya yang harus patuh atas perintah dia. Makanya ini tidak ketemu-ketemu. Maunya ini diambil alih sama dia (ayahnya Liek Muljanto) kemudian dia yang kerja," imbuh Royce.

 

Muljanto Marah-marah

Sementara itu, ayah Royce Liek Muljanto enggan untuk menanggapi kasus sengketa yang melibatkan keluarganya. Ia menganggap urusan keluarga tetap menjadi urusan internal serta privat.

"Sudah... sudah.. sana pergi," ucap Muljanto saat Surabaya Pagi hendak mengklarifikasi langsung kepada Liek Muljanto.

Bahkan, Liek memanggil petugas Binmas Polsek Genteng untuk mengusir wartawan Surabaya Pagi. "Heh itu wartawan itu diusir. Heh minggir ayo minggir ngerti minggir gak," kata Muljanto .

 

Sudah Jadi Rahasia Umum

Dari penuturan orang sekitar dan pegawai dari Liek motor, keributan antara keduanya memang kerap terjadi dan sudah jadi rahasia umum. Bahkan mereka sudah menganggapnya seperti hal biasa. Namun mereka tidak berani melawan lantaran mereka bekerja untuk Toyota Liek Motor.

"Ya memang begitu mas, tapi tolonglah jangan dekat-dekat mas, saya paham sama masnya cari berita, tapi mbok ya tolong mas bantu saya. Kalau saya dipecat gimana keluarga saya kalau si bos ngamuk," kata salah seorang security bengkel.

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Bengkel Liek Motor, Nurgianto yang enggan mengomentari terlalu dalam mengenai konflik ayah dan anak tersebut. Ia hanya menyampaikan jika konflik di antara keduanya belum juga selesai.

"Iya, memang begitu. Tapi tolong kerjasamanya biar ini diselesaikan berdua antara keluarga si bos," katanya.

Dalam kasus ini, Surabaya Pagi sempat menanyakan kepada warga sekitar bengkel yang berada di Jalan Ketabang Kali itu, dari pengakuan seorang penjual makanan ringan siap saji itu mengatakan jika hal itu sudah biasa terjadi. Bahkan ia sampai menanggapinya "halah, biasa".

"Iku pak Royce teko, deloken lak ribut maneh. Wes biasa mas," tuturnya.

Sebelumnya perseteruan ini berlangsung lama sejak 2018 lalu yang mengakibatkan aksi koboy dari Royce dengan menembak mobil pejabat Pemerintah Kota Surabaya, dari hal itu membuat Royce ditahan.

Beberapa waktu lalu Royce juga sempat diamankan oleh pihak kepolisian Polrestabes Surabaya atas laporan dari adik kandungnya karena penganiayaan yang dilakukan oleh Royce. Namun selang beberapa lama Royce dinyatakan bebas oleh kepolisian karena telah berdamai dengan si adik dengan pencabutan laporan yang dilakukan si adik. fm/cr2/rmc