Rp 250 Miliar untuk Percantik Kuta, agar Tetap Seksi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 30 Sep 2022 20:49 WIB

Rp 250 Miliar untuk Percantik Kuta, agar Tetap Seksi

SURABAYAPAGI.COM, Badung - Bali, sebagai potensi wisata di Indonesia yang selalu diminati wisatawan asing terus berbenah. Salah satunya kini, mempercantik pantai Kuta, agar menarik dan diterima oleh wisatawan asing dan lokal. Bahkan, Bupati Badung tak ingin Kuta disamakan dengan Hawaii.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta ungkap bahwa revitalisasi ini dilakukan agar kawasan wisata ini tetap terjaga keindahannya. Dengan harapan kawasan ini tak akan ditinggalkan oleh wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Baca Juga: Destinasi Tanah Lot dan Ulun Danu Beratan Dipadati Pengunjung, Didominasi Wisatawan Jatim

"Penting, amat sangat penting kami tidak mau seperti Hawaii ditinggalkan wisatawan lokal dan asing makanya kami wujudkan wajah baru di Kuta. Kami juga bangun tsunami early system," kata Giri Prasta di Badung, Kamis (29/9/2022).

Kawasan wisata Pantai Kuta semakin tampak cantik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Badung terus lakukan penataan untuk menjaga kawasan ini. Tak main-main, anggaran yang digelontorkan pun sangat besar, mencapai Rp 250 miliar.

Selain itu, Giri Prasta juga menambahkan, nantinya akan ada stop over untuk mengatur arus laut.

"Arus di sana itu kan arus di dalam, di Kuta itu ada 4 jenis arus air yang ada, salah satu contoh di situ ada palung laut nanti akan ada stop over di palung laut itu untuk mengantisipasi," ujarnya.

Sebelumnya, Bendesa Desa Adat Kuta I Wayan Wasista mengungkapkan bahwa penataan Pantai Kuta yang tengah dilakukan ini merupakan usulan dari pihaknya kepada Pemkab Badung.

 

Baca Juga: Hormati Perayaan Hari Raya Nyepi, Tol Bali Mandara Bakal Ditutup 32 Jam

Konsep Blue Ekonomi

Bupati Giri Prasta berharap dengan mengusung konsep blue ekonomi dengan tetap menonjolkan potensi pantai dan potensi laut sebagai unsur dominan, yang diselaraskan dengan kebutuhan fungsional dan kelestarian lingkungan, sehingga didesain dengan konsep blue ekonomi dan eco-arsitektur atau arsitektur ekologi.

Berdasarkan desain tersebut, nantinya Pantai Kuta akan dihiasi patung, skate park, tempat bermain, dan fasilitas untuk disabilitas. Sementara itu, pedagang-pedagang di pinggir pantai juga akan ditata rapi. Menurutnya, semua pihak terakomodir dalam penataan Pantai Kuta dengan wajah barunya itu.

Proses revitalisasi Pantai Kuta kini sudah mencapai 50 persen. Area paving yang biasa dipakai untuk jogging track pun belum terpasang sepenuhnya. Nantinya area paving tersebut akan dipasang hingga ke bagian selatan, dekat dengan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Baca Juga: Wujudkan Pariwisata Berkualitas, Bali Era Baru Genjot Sektor Industri Dirgantara

Selain penataan kembali area jogging, nantinya setelah revitalisasi rampung Pantai Kuta dapat kembali digunakan seperti semula. Wisatawan tetap dapat bersantai, beraktivitas, hingga menikmati matahari terbenam. dps/bli

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU