RPJMD 2021-2026 Masih Fokus dengan 11 Program Unggulan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 20 Apr 2021 16:18 WIB

RPJMD 2021-2026 Masih Fokus dengan 11 Program Unggulan

i

Bupati Yes dan ketua DPRD Lamongan menunjukan Perda RPJMD usai ditandatangani. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),  Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026, masih menitikberatkan pada 11 program unggulan yang biasa digerakkan oleh siapapun kepala daerah nya.

Ke 11 program unggulan yang menjadi fokus andalan bupati Yuhronur Efendi dan Wabup Abdul Rouf adalah,  program pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, infrastruktur, pertanian dan perikanan, umkm, pemuda dan olahraga, pariwisata, pelayanan publik, sosial kesejahteraan dan pembangunan desa.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Adapun tahapan demi tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD telah dilaksanakan sesuai Undang-undang yang berlaku, seperti saat penandatanganan Rancangan awal RPJMD dalam rapat paripurna DPRD, Selasa (20/4/2021).

Bupati dengan panggilan akrab Pak Yes dihadapan anggota DPRD setempat menyampaikan, ke 11 program unggulan tersebut disebutkan dan direncanakan agar bisa terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan, seperti yang disampaikan dalam visi dan misi saat kampanye sebelumnya.

Ia lalu menjabarkan yang dimaksud Kejayaan Lamongan adalah suatu kondisi terwujudnya Lamongan sebagai kabupaten unggul dan maju, sejahtera lahir batin, terdepan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia di Jawa Timur. Sedangkan Berkeadilan adalah suatu kondisi Lamongan yang semakin merata pelaksanaan pembangunan dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya serta semakin menurun kondisi ketimpangan antar wilayah. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

"Berkeadilan juga bermakna keberpihakan untuk melindungi dan membina masyarakat yang secara ekonomi dan sosial yang secara kategori memerlukan perhatian lebih dengan kehadiran pemerintah daerah,"ungkapnya. 

Sementara bisi RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026 adalah terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkeadilan, sementara itu lima misinya yakni mewujudkan kemandirian ekonomi daerah melalui optimalisasi potensi unggulan daerah. Mewujudkan SDM unggul, berdaya saing dan berakhlak yang responsif terhadap perubahan zaman, serta Mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan yang berwawasan lingkungan.

Lebih lanjut Yes mengungkapkan, misi selanjutnya yakni mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang sejahtera, religius berbudaya, aktif dalam pembangunan, serta lingkungan yang aman dan tentram. Serta, menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, serta memberikan pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya optimalisasi reformasi birokrasi.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur mengungkapkan apresiasinya atas pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh Bupati Yes. Pihaknya juga berpesan agar eksekutif turut memperhatikan rekomendasi baik terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya. 

“Dari hasil pembahasan, saya berharap dalam rancangan akhir RPJMD memperhatikan saran dan rekomendasi DPRD. Terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya untuk disesuaikan. Yang kemudian dapat disampaikan rancangan awal RPJMD ini kepada Gubernur, sehingga rancangan perda RPJMD dapat disampaikan tepat waktu,” harapnya. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU