RS PHC dan RSDL Indrapura, Kebanjiran Pasien Corona

Ruang perawatan pasien Covid-19 di tenda darurat IGD RS PHC, Selasa (5/1/2021). SP/Semmy Mantolas

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Per Selasa (5/1/2021) ada 772.103 orang di Indonesia terpapar Covid-19. Untuk kasus sembuh sudah mencapai 639.103 orang. Berikutnya untuk angka kematian sebesar 22.911, yang secara nasional masih berada di bawah rata-rata angka kematian global dengan selisih 0,81 persen.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa kasus kematian masih cukup tinggi meskipun kasus aktif dan angka kesembuhan sudah jauh dari rata-rata global, tetapi lebih rendah dibandingkan pada bulan November yang lalu dengan selisih 12,83 persen.

Meroketnya angka pasien Corona ini juga dirasakan di Surabaya. Kenaikan jumlah pasien yang signifikan itu terlihat di rumah sakit Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya.

Vice President (VP) PR PT.PHC, Prita Pinastiningtyas menyampaikan, hampir 100 persen ruang rawat inap pasien covid-19 terisi penuh. "Yang jelas kamar hampir terisi penuh mas. (Kira-kira) 90 sampai 100 persen," kata Prita Pinastiningtyas, Selasa (05/01/2020) kepada Surabaya Pagi.

Kenaikan pasien di RS PHC, tambah Prita, sudah dirasakan sejak Desember 2020 lalu. Bahkan, setelah memasuki tahun 2021, pergerakan pasien di RS PHC masih tetap tak berangsur menurun.

Jumlah pasien positif covid-19 tahun 2021, per 4 Januari 2021 bertambah 72 orang. Jumlah tersebut mayoritas berada pada usia produktif. "Per kemarin (Senin, 4 Januari) ada 72 pasien. Belum yang masih ada antrian di IGD. Rerata usia produktif," kata Prita.

Usia produktif yang dimaksudkan adalah masyarakat yang kisaran umurnya antara 30 tahun hingga 50 tahun. "Untuk anak-anak belum ada," singkatnya lagi.

Pihak RS PHC telah melakukan penambahan 100 tempat tidur baru bagi pasien Covid-19. Penambahan tersebut merupakan hasil konversi dari tempat tidur yang biasanya dipakai oleh pasien umum. 

Selain melakukan penambahan tempat tidur baru, pihaknya juga juga menurunkan 20 petugas medis dalam membantu pasien covid-19 setiap harinya.

 

302 Pasien

 Kondisi yang hampir sama juga terjadi di Rumah Sakit Darurat Lapangan (RSDL) Indrapura kebanjiran pasien. Hingga Selasa (5/1), lebih dari 302 pasien dirawat di sana.

Ketua Pelaksana Relawan Pendamping Keluarga Pasien Covid-19 RSDL Indrapura Radian Jadid menjelaskan, kapasitas rumah sakit penuh dan ruang ICU juga penuh. Sebelumnya, RSDL Indrapura hanya menyediakan kapasitas tidak lebih dari 357. Namun kini, pihak rumah sakit menambah kapasitas.

”Sekarang ditingkatkan hingga 378. Kami akan mengupayakan sampai 500. Kecenderungan peningkatan juga ada,” tutur Jadid.

Jadid mengungkapkan, RSDL Indrapura mulai melakukan screening pasien. Rumah sakit mulai menyarankan untuk isolasi mandiri di rumah yang dibantu asesmen petugas Puskesmas. ”Jumlah pasien Surabaya cukup tinggi sekitar 70 persen dari total seluruh pasien,” papar Jadid. sem/ana/cr2/rl