RS PHC Surabaya Luncurkan Pusat Rehabilitasi Medis dan Mobile Lab PCR

Mobile Lab PCR Tes Covid-19 Milik PHC Surabaya. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Inovasi dalam dunia kesehatan kembali dilakukan oleh rumah sakit PHC Surabaya. Kali ini yang sakit yang berada dalam jaringan PT Pelindo Husada Citra meluncurkan Pusat Rehabilitasi Medis (Medical Rehabilitation Center) dan mobile laboratory PCR bagi masyarakat.

Direktur Utama PT PHC, Abdul Rofid Fanany menyampaikan, peluncuran kedua inovasi tersebut merupakan bentuk pelayanan PHC kepada masyarakat sekaligus sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PHC yang ke-22.

"Pusat Rehabilitasi Medis RS PHC Surabaya merupakan pelayanan rehabilitasi medis yang memiliki konsep secara holistik. Dimana melalui tim medis yang berkompeten serta ditunjang dengan fasilitas dan peralatan medis yang canggih, diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan fungsi tubuh," kata Abdul Rofid Fanany, Rabu (01/09/2021).

Pemulihan fungsi tubuh yang dimaksud kata Abdul, seperti pemulihan pada pasien pasca operasi akibat cedera, infeksi, stroke hingga anak yang mengalami gangguan tumbuh kembang.

Tak hanya itu, sebagai salah satu wujud kontribusi nyata dalam membantu pemerintah Republik Indonesia dalam memutus rantai penularan covid19 melalui prinsip 3T (Testing, Tracing, Treatment), RS PHC juga mengoperasikan Mobile Lab PCR.

Mobile Lab PCR RS PHC memiliki kapasitas maksimum 400 tes PCR dalam sehari. Di samping itu pula, mobile lab PCR juga dilengkapi dengan ruang negative pressure, mesin otomatis extraksi RNA, test PCR (Polimerase Chain Reaction) dengan open system, serta dilengkapi oleh BIO Safety Cabinet Level 2.

"Apabila pandemi sudah landai, Mobile Laboratorium PCR ini dapat dialihfungsikan sebagai mobile vaksinasi, mobile medical check up, maupun mini hospital dengan daya jangkau bisa mencapai pelosok pedesaan," pungkasnya. sem