RSLI Siap Tangani Penderita Covid-19 dari Gelombang 14 Ribu PMI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 28 Apr 2021 11:53 WIB

RSLI Siap Tangani Penderita Covid-19 dari Gelombang 14 Ribu PMI

i

Koordinasi Nakes dan relawan RSLI dalam menyambut gelombang 14 ribu pekerja migran Indonesia . SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam waktu dekat akan dipadati 14 ribu pekerja migran Indonesia dari luar negeri.

Diperkirakan 14 ribu pekerja ini, akan tiba di Indonesia sejak Ramadhan hingga usai Idul Fitri 2021. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya sekitar 2.100 pekerja.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Informasi dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), kepulangan PMI tahun ini disebabkan karena masa kontrak kerjanya telah berakhir sehingga harus dipulangkan.

Melihat akan kondisi tersebut, sejumlah persiapan dilakukan oleh pemerintah. Tak terkecuali Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI).  

Koordinator Pelayanan Umum RSLI Letnan Kolonel Ckm dr. Nugraha Wicaksana, Sp.M, menyatakan kesiapannya untuk membantu merawat pekerja migran yang terkonfirmasi positif sesaat setelah diperiksa. 

Pemeriksaan swab PCR sendiri akan dilakukan di 3 tempat yakni Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit Brawijaya dan PCR Mobile milik Dinkes kota dengan skedul hasil pemeriksaan satu hari keluar. 

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

"Bagi yang terkonfirmasi positif covid-19 akan dikirim ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura Surabaya untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata dr. Nugraha Wicaksana kepada Surabaya Pagi, Rabu (28/04/2021).Selain pemeriksaan PCR, pekerja migran nantinya akan diisolasi selama 14 hari di Rumah Sakit Haji Sukolilo.  

"Selanjutnya akan di siapkan personil untuk menjalankan pengambilan spesimen swab maupun untuk piket bergiliran membantu di asrama haji," katanya

Sementara itu, secara terpisah Penanggung jawab RSLI Laksamana Pertama TNI dr. I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Sp.B., Sp. BTKV, menjelaskan, saat ini RSLI telah melakukan pelayanan dan penanganan pada pasien dengan gejala sedang dan berat.  

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Hal ini dapat dilihat pada kategori di bulan Desember 2020 hingga Februari 2021. Tatkala lonjakan penderita covid-19 di Jawa Timur, berbagai rumah sakit penuh, dan RSLI menjalankan fungsinya sebagai rumah sakit darurat serta  rujukan awal sehingga dapat melayani pasien dengan gejala sedang dan berat.    

"Walaupun rumah sakit ini disetting untuk penanganan pasien covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, namun saat ini RSLI sudah melayani pasien dengan gejala sedang hingga berat," kata dr. Nalendra. sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU