RSLI Sukses Sembuhkan 2 Pasien Varian Baru Covid 19

Laksma dr IDG Nalendra DI, Sp.B,Sp.BTKV. pada Konferensi Pers yang diselenggarakan pada Selasa, (25/5)

SURABAYAPAGI, Surabaya- Dua pasien PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang terpapar virus corona varian baru B.117 dan B.1351 di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) dinyatakan sembuh.

Hal ini disampaikan langsung oleh Laksma dr IDG Nalendra DI, Sp.B,Sp.BTKV. pada Konferensi Pers yang diselenggarakan pada Selasa (25/5) di Tenda A (Administrasi) RSLI Surabaya.

Salah satu pasien yang terkonfirmasi varian baru B.117 (strain Inggris) dinyatakan sembuh setelah 14 hari perawatan dan kondisi klinisnya terus membaik serta dibarengi dengan konfirmasi 2x swab negatif. Sedangkan pasien yang terkonfirmasi varian baru B.1351 (strain afrika Selatan) juga dinyatakan sembuh setelah melewati 18 hari perawatan dan konfirmasi 2x swab negatif.

Dalam penjelasannya dr Nalendra mengatakan bahwa keberhasilan ini merupakan kerja semua pihak terkait.

"Alhamdulillah, dengan kerja keras para nakes dan relawan serta doa dari semua pihak, RSLI berhasil menangani dan menyembuhkan pasien Covid-19 dengan varian baru," ucap dr Nalendra. dr Nalendra menegaskan bahwa pasien Covid-19 dengan varian baru dapat disembuhkan.

Tentunya tetap dengan prosedur dan ketentuan yang ada seperti karantina minimal 14 hari, monitoring dan asesmen kondisi medis, serta konfirmasi 2x swab PCR negatif merupakan jaminan kesembuhan dan upaya memastikan tidak merebaknya varian baru tersebut.

Dr Nalendra menambahkan bahwa masyarakat tidak perlu panik untuk menghadapi varian baru Covid- 19. Ia berpesan agar masyarakat tetap menjalankan 5M dan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kami telah menangani pasien covid-19 varian baru dengan baik dan telah dinyatakan sembuh. Masyarakat tidak perlu terlalu panik dalam menyikapi adanya varian baru covid-19. Yang penting tetap menjalankan protokol kesehatan 5 M dengan baik, menjaga dan meningkatkan imunitas serta segera ke fasilitas kesehatan terdekat apabila ada gejala covid-19.” tutup dr Nalendra.

Hingga hari ini berdasarkan data dari PPKPC-RSLI setidaknya sudah ada 10.338 PMI yang masuk ke Jatim dan 91 orang diantaranya terkonfirmasi positif covid-19 dan dirawat di RSLI. 57 orang sudah dinyatakan sembuh, termasuk dua orang dengan varian baru, sehingga tinggal 34 orang PMI yang dirawat di RSLI.ang