RW 3 Ketintang Baru Bersiap Ikuti Lomba Surabaya Smart City

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) mengadakan lomba Surabaya Smart City (SSC). Acara tahunan ini dapat diikuti seluruh wilayah lingkungan di Surabaya.

Salah satu pesertanya, Ketintang Baru RW 3 terus berbenah, untuk menyiapkan diri mengikuti lomba tahunan yang diadakan Pemkot Surabaya ini.

"Jadi untuk tahun ini RW 3 memberikan giliran untuk mewakili ikut lomba yaitu RT 2 dan RT 4," ujar Andry Herdianto, ketua RT 2 kepada Surabaya Pagi, Minggu (6/9/2020)

Dirinya mengatakan jika persiapan untuk mengikuti lomba SSC ini sudah dilaksanakan sejak awal Agustus lalu. Seluruh kegiatan persiapan ini dilakukan warganya dengan mematuhi protokol kesehatan karena dalam kondisi Covid-19.

"Kita melakukan kerja bakti tidak seperti umumnya, kita lakukan bergiliran tiap rumah. Dan dikoordinir oleh karang taruna untuk memberikan edukasi kepada warga mengenai Covid-19," kata Andry.

Jika konsep dari RT 2 mengenai edukasi kepada anak-anak, dari RT 4 sendiri mengusung konsep keindahan lingkungan.

"Konsep yang kita gunakan adalah keindahan lingkungan dan edukasi. Yaitu dengan memasang poster-poster yang berisi edukasi, dan menghias lingkungan dengan tanaman toga," jelas ketua RT 4, Joko Prasetyo di kesempatan yang sama.

Persiapan yang dilakukan warga RW 3 Ketintang Baru ini berupa menambahkan jenis baru tanaman toga dan melengkapi produk UMKM milik warga yang menjadi nilai lebih dari kampung ini.

Sentuhan sentuhan seni lukis dinding atau mural dan "pojok selfie" yang dilakukan swadaya oleh warga juga memperindah lingkungan salah satu peserta lomba SSC 2020 ini.

Tidak adanya pasien Covid-19 yang terpapar di lingkungan RW 3 ini atau bisa disebut "Zero Covid-19" juga menjadi salah satu keunggulan lingkungan yang selalu memperhatikan dan memantau setiap warganya ini. (adt/pat)