Sabet Rekor dan 5 Mendali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Agu 2021 14:20 WIB

Sabet Rekor dan 5 Mendali Emas di Olimpiade Tokyo 2020

i

Perenang Amerika Serikat, Caeleb Dressel tampil di Olimpiade Tokyo. SP/ AFP

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Atlet renang asal Amerika Serikat, Caeleb Dressel berhasil mengukir rekor di Olimpiade Tokyo 2020 saat menjadi yang tercepat di renang 100 meter gaya bebas dengan catatan waktu 47,02 detik dan memperoleh 5 mendali emas sekaligus di Olympic Aquatics Centre.

Diketahui perenang asal Amerika Serikat ini menyabet total lima medali emas dari cabor Renang yang terdiri dari kategori perorangan dan beregu.

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Dressel berhasil mendapatkan emas pertamanya dari nomor 4x100 gaya bebas beregu putra pada Kamis (26/7/2021). Emas keduanya didapatkan pada nomor 100 meter gaya bebas putra. Medali emas ketiganya datang dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra.

Hingga pada Minggu (1/8/2021), Caeleb Dressel berhasil menutup pertandingan dengan meraih dua medali emas sekaligus di nomor 50 meter gaya bebas putra dan 4x100 gaya ganti beregu putra.

Tak hanya menyabet 5 medali emas di Olimpiade Tokyo, perenang asal Amerika Serikat yang masih berusia 24 tahun tersebut bahkan memecahkan tiga rekor Olimpiade dan satu rekor dunia.

Baca Juga: Bupati Ikfina Berangkatkan Kontingen Mojokerto untuk Berlaga di FORDA 1 Jatim

Sementara itu, Dressel pun mengaku akan liburan setelah tugasnya di Olimpiade Tokyo selesai yang diungkapkannya lewat media sosial Instagram.

"Saya lelah. Terima kasih Jepang atas pekan yang selalu dikenang. Terima kasih keluarga dan teman-teman atas dukunganya untuk kami. Sekarang saatnya liburan dan menikmati anggur," tulisnya, Rabu (11/8/2021).

Perenang putra Amerika Serikat (AS), Caeleb Dressel juga berhasil menyamai rekor Michael Phelps pada Kejuaraan Dunia FINA 2017 yang digelar di Budapest, Hungaria, 14-30 Juli.

Baca Juga: Memperkuat dan Laksanakan Sinergitas TNI-POLRI, Poles Blitar Lakukan Olahraga Bareng dengan TNI

Kemampuan Dressel sudah menonjol sejak kejuaraan dunia renang di Budapest Hungaria 2017 lalu. Dia menyabet 7 emas, sedangkan pada kejuaraan renang di Gwangju rebut enam emas.

Meski begitu, Dressel mengaku emas di Olimpiade 2020 lebih berharga dari kejuaraan dunia. "Momen ini sangat berbeda dengan kejuaraan dunia," ujarnya. Dsy18

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU