Salurkan Rasa Penat dan Stres Lewat Hobi Melukis

Bahak saat sedang melukis salah satu karya pesanannya. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Mohammad Bahaudin yang kerap disapa Bahak ini juga merupakan komisioner KPU Kabupaten Blitar tidak bisa dipisahkan oleh seni lukis menjadi bagian penting dalam kehidupan. Tidak hanya melukis, tampaknya ada beberapa kegiatan lain yang juga dilakukannya. Sebab, selain peranti melukis, ada juga perlengkapan pertukangan seperti mesin las, gerinda, dan banyak peralatan kelistrikan lain.

Namun, hobi seninya tersebut tidak bisa tersalurkan secara optimal. Sebenarnya ada beberapa orang yang menantikan karya seninya. Namun, tugas sebagai komisioner harus didahulukan. Pesanan atau permintaan lukisan pun terpaksa ditangguhkan atau menunggu waktu luang untuk dikerjakan.

Menurutnya kegiatan melukis dapat menghilangkan stres. Bahkan, tak jarang pada kondisi tertentu dia juga menghasilkan karya. "Melukis atau menggambar itu kan mood-mood-an ya, tidak bisa dipaksa. Kalau pas tidak ingin ya gak melukis, begitu juga sebaliknya. Pas rapat ada semangat menggambar. Tapi ya harus tau batasan. Mana yang harus didahulukan, bekerja dan menyalurkan hobi, " bebernya.

Ketika dia masih sebagai mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Malang. Bahak tidak hanya memanfaatkan waktunya untuk belajar dan menyalurkan bakat, tapi dia juga mencari tambahan uang saku dengan menjual karya lukis. Alun-alun Malang menjadi lapak besar baginya untuk menjajakan produk. "Jadi pada hari-hari tertentu mangkal di alun-alun untuk dapat tambahan uang saku, " kenangnya.

Sedangkan mengenai nilai jual produk hasil karyanya tersebut. Baginya, melukis adalah kesenangan. Jika ada yang memberikan apresiasi dalam bentuk rupiah, itu adalah bonus. " Itu dulu ya, kalau sekarang tidak lagi, " tegasnya lantas tertawa.

Meski begitu, Bahak juga tidak meninggalkan kesenangannya tersebut. Kadang dia masih senang berkumpul dengan para perupa untuk bernostalgia atau melukis di suatu tempat. Tidak hanya itu, dalam gelaran pemilihan beberapa waktu lalu, dia memanfaatkan seni sebagai salah satu sarana sosialisasi gelaran pemilihan. Ini sesuai dengan bidangnya sebagai penyelenggara pemilu khususnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan. Dsy6