Sambil Makan Durian, AHY Puji Terobosan Program Desa Devisa Milik Khofifah-Emil

Gubernur Jatim Khofifah menjamu Ketua Umum Partai Demokrat AHY bersama rombongan di Grahadi, Surabaya Minggu 20/2/2022/ foto: Riko Abdiono

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyempatkan silaturahim dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Grahadi, Surabaya, Minggu (20/2/2022) malam.

Dalam sowan tersebut, rombongan AHY mendapat jamuan makan malam khas Jawa Timur dari mantan menteri sosial kabinet kerja periode 2014-2018.

Beberapa menu makanan seperti Kaldu Kokot khas Madura menjadi salah satu sajian yang disantap AHY bersama istri, Annisa Pohan.

Selain masakan khas Madura, ada pula durian dari hasil perkebunan Jawa Timur, Kelapa Muda dari Pacitan serta Melon berbentuk kubus dan love dari Sidoarjo.

“Enak sekali makanannya, tadi ada Kaldu Kokot, Durian, melon dan sebagainya, saya ucapkan Terimakasih Ibu Gubernur atas sambutan yang luar biasa ini,” cetus AHY kepada Gubernur Khofifah yang didampingi Wakil Gubernur Emil E Dardak.

Dalam kesempatan itu AHY juga memuji prestasi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selama memimpin Jatim. AHY menyebutkan sederet prestasi Khofifah selama memimpin Jatim. Diantaranya adalah keberhasilan menekan angka kemiskinaan, serta capaian vaksinasi yang hampir 90 persen di Jatim.

“Termasuk vaksinasi yang begitu progresif dan angka kemiskinan yang menurun 313 ribu, tertinggi di Indonesia penurunannya,” ucapnya.

AHY juga mengaku bangga dengan terobosan Khofifah untuk membangkitkan perekonomian Jatim saat pandemi Covid-19. Salah satunya melalui program desa devisa yang digagas Khofifah-Emil. Program ini dinilai mampu membangkitkan ekonomi saat pandemi covid 19.

“Tadi kita juga dipaparkan soal desa devisa, bagus sekali programnya,” katanya memuji.

Capaian keberhasilan itu dinilai sebagai bukti kerja keras gubernur Khofifah dan Wakil Gubernur (Wagub) Emil Elestianto Dardak yang selalu turun dan mendengar aspirasi masyarakat untuk selanjutnya dirumuskan dalam berbagai kebijakan saat memimpin Jatim.

“Banyak sekali terobosan termasuk desa devisa. Ini adalah terobosan gubernur Khofifah serta mas Emil dan jajarannya yang harus kita apresiasi,” kata suami Annisa Larasati Pohan itu.

AHY mengatakan, Partai Demokrat akan terus mendukung pemerintahan Khofifah-Emil, karena dinilai mampu menyejahterakan masyarakat Jatim. Ia juga mengintruksikan kepada anggota legislative di provinsi Jatim untuk selalu mendukung penuh kebijakan gubernur Khofifah.

“Seperti janji kami sejak awal, kami selalu mendukung dan selalu mengawal pemerintahan bu Khofifah dan mas Emil sehingga sukses dan bisa membangkitkan perekonomian setelah pandemi. Itu ditunjukan bagi beliau bahwa dengan kerja keras maka semua akan dilakukan dengan baik,” katanya.

Sebagai informasi, dalam kunjungan AHY kali ini, selain ditemani sang istri Annisa Larasati Pohan, ia juga didampingi sejumlah pengurus DPP Demokrat.

Beberapa diiantarannya adalah Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum (Bendum) DPP Demokrat Renville Antonio, Ketua Fraksi Partai Demokrat Reno Zulkarnain, Ketua Komisi D DPRD Jatim dr Agung Mulyono dan Anggota DPRD Jatim Subianto. (Rko/Sem)