Sambut Hari Raya Nyepi, Layanan GeNose C19 Hadir di Stasiun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Mar 2021 13:34 WIB

Sambut Hari Raya Nyepi, Layanan GeNose C19 Hadir di Stasiun

i

Salah satu penumpang yang melakukan tes dengan GeNose C19 di stasiun. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Layanan pemeriksaan GeNose C19 bagi pelanggan KA di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang Banyuwangi kini hadir di PT KAI Daop 9 Jember. Adanyan layanan pemeriksaan GeNose tersebut untuk mencegah klaster penularan Covid-19 saat menyambut libur Hari Raya Nyepi.

Vice President KAI Daop 9 Jember Agus Barkah Nugraha menjelaskan, untuk di Banyuwangi, Pemasangan alat hasil sinergi antara KAI dan Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada ini dilakukan di Stasiun Ketapang. Sedangkan untuk mendapatkan layanan ini, para pelanggan KA hanya dikenakan biaya sebesar Rp 20 ribu.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Gerakan Pangan Murah

"Hadirnya layanan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan KA dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh," ujarnya, Kamis (11/3/2021).

"GeNose kami hadirkan menjelang libur Nyepi di Bali. Karena biasanya, masyarakat yang tidak Nyepi akan mudik ke beberapa kota di Jawa," tambahnya.

Penyediaan peralatan GeNose ini, sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

"Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan," tambahnya.

Menurut Agus, syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

"Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan," terangnya.

KAI Daop 9 Jember akan memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU