Sambut HUT Kemerdekaan ke 77, Satlantas Polres Blitar Lakukan Gebyar Merah Putih

Petugas Satlantas dalam gebyar Merah Putih bagi bagi bendera. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI. COM, Blitar - Detik detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI Ke 77 dengan kumandangkan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya tepat tanggal 17 Agustus 2022, di sela sela peringatan HUT Kemerdekaan ke 77 Satuan Polisi Lalu lintas Polres Blitar gelar Gebyar Merah Putih. 

Gebyar Merah Putih yang digagas Kasat Lantas Polres Blitar AKP Kadek Aditya Yasa Putra ini,  digelar di tiga titik wilayah jalan Raya yang padat arus lalu lintasnya, selain guna mengikuti peringatan kemerdekaan Satlantas Polres Blitar bagikan bendera merah putih sebanyak 450 bendera kepada para pengguna jalan raya dan warga sekitar di tiga titik perempatan jalan raya.

Pelaksanaan Gebyar Merah Putih tersebut dipimpin oleh Kanit Turjawali Ipda Putut Siswahyudi Polres Blitar mewakili Kasat Lantas, menyampaikan digelarnya Gebyar Merah Putih ini untuk menggugah semangat patriotisme kebangsaan kepada masyarakat bertepatan peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke 77.

"Kami mengajak seluruh warga untuk peringati detik detik Proklamasi kemerdekaan dengan penghormatan untuk mengajak dan menggugah rasa patriotisme dan tetap terus memiliki rasa kebangsaan yang tinggi kepada Negara Indonesia tercinta," kata Ipda Putut Siswahyudi pada wartawan di perempatan Jalan Raya Kanigoro.

Sebelum pelaksanaan penghormatan detik detik Proklamasi, anggota Satuan Lalu Lintas bersama anggota TNI membagi bagikan Bendera Merah putih kepada setiap pengendara motor dan mobil yang sedang berhenti menunggu giliran lampu traffic light hijau.

 

Dan tepat pukul 10.10 tanggal 17 Agustus 2022 berbarengan kumangangnya Lagu Kebabangsaan Indonesia Raya yang diputar dari mobil Turjawali dipimpin Iptu Putut dengan aba aba penghormatan bendera, seluruh pengguna jalan raya berhenti tak terkecuali para pejalan kaki maupun aktivitas masyarakat sekitar perempatan Jalan Raya Kanigoro berhenti, dengan penghormatan bendera Merah Putih yang dibawa oleh seorang anggota Satlantas tepat di sisi timur lingkaran perempatan jalan raya Kanigoro.

Untuk kegiatan Gebyar Merah Putih ini berada di  tiga titik yakni, perempatan Jalan Raya Simpang Empat Beru Kec Wlingi, dan simpang empat jalan Raya Garum, setiap titik petugas polisi bersama anggota TNI (Koramil setempat) membagikan 150 buah bendera merah putih.

Tepat pukul 10.45 kegiatan Gebyar Merah Putih selesai, mengakhiri kegiatan itu Iptu Putut menyampaikan terima kasihnya kepada warga masyarakat pengguna jalan raya dan warga sekitar di tiga kegiatan atas partisipasi dan rasa patriotisme yang tetap tinggi.

"Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat dengan semangat Proklamasi dan rasa Patriotisme yang tinggi untuk mengikuti upacara peringatan detik detik Proklamasi dengan penuh khidmat, hal ini menandai salah satu penghormatan jasa jasa para pahlawan yang kala itu memperebutkan kemerdekaan," pungkas Iptu Putut Siswahyudi.

Mengakhiri giat Gebyar Merah Putih, Kanit Turjawali ini berpesan pada masyarakat, utamakan keselamatan dan patuhi rambu rambu lalu lintas sehingga terjaga Kamsel di jalan raya saat mengendarai kendaraan bermotor atau mobil. Les