Sambut Kemerdekaan, PLN Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 06 Agu 2022 22:54 WIB

Sambut Kemerdekaan, PLN Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Melalui Program Bantuan Pasang Baru Listrik Gratis

SurabayaPagi, Surabaya - Jalankan program bantuan listrik gratis dari pemerintah, PLN targetkan sambung listrik gratis 15.552 sambungan di Jawa Timur. Bantuan yang bertajuk Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) ini rencananya diperuntukkan untuk rumah tangga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), berdomisili di daerah 3T dan atau memenuhi kriteria sebagai calon penerima BPBL yang divalidasi oleh kepada desa/lurah atau pejabat yang setara.

“Program BPBL bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta memenuhi kebutuhan energi listrik yang belum merata khususnya bagi rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN,” terang General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran.

Kegiatan yang berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu ini akan menyasar sebanyak 80.000 rumah tangga tidak mampu belum berlistrik di seluruh Indonesia. Di Jawa Timur sendiri tercatat sebanyak 15.552 rumah tangga tidak mampu yang akan diberikan bantuan.

“Sebanyak 3.178 keluarga pra sejahtera yang tersebar di Bojonegoro, Jember, Madiun, Malang dan Ponorogo rencananya sebagian akan dioperasikan sebelum 17 Agustus 2022 sebagai hadiah kemerdekaan. Setelah itu, secara bertahap akan terus kami garap hingga mencapai 15.552 keluarga tidak mampu dengan menggunakan alokasi APBN sekitar 18,6 M,” tambah Lasiran.

Skema yang akan dijalankan dalam program ini, pemerintah akan membantu pembiayaan pemasangan instalasi listrik rumah, biaya Sertifikasi Laik Operasi (SLO), hingga Biaya Penyambungan Baru (BP) serta pengisian token listrik perdana.

“Kami berharap dengan meratanya listrik bagi seluruh masyarakat tidak mampu khususnya di Jawa Timur akan meningkatkan taraf hidup masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian, terlebih momentum hari kemerdekaan ibarat kata saat ini mereka telah terbebas dari kegelapan,” pungkas Lasiran.

Program ini sendiri tidak terlepas dari kesiapan sistem kelistrikan PLN khususnya di Jawa Timur yang memiliki cadangan daya hingga 3.000 MW. Jumlah cadangan ini meningkat seiring dengan upaya investasi yang dilakukan PLN Group untuk menjaga keandalan listrik bagi pelanggan. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU