Sandang Gelar Bangsawan, Wali Kota Resmi Tersambung Nasab Darah Keraton Solo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 03 Okt 2021 20:17 WIB

Sandang Gelar Bangsawan, Wali Kota Resmi Tersambung Nasab Darah Keraton Solo

i

Wali Kota Mojokerto mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Solo. Gelar yang diterima Ning Ita yakni Kanjeng Mas Ayu Tumenggung. SP/Dwi AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari resmi tersambung nasab darah keatas dengan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Ini setelah petinggi Pemkot tersebut diberi gelar kebagsawanan Kanjeng Mas Ayu Tumenggung dari Keraton Solo, Sabtu (2/10/2021) kemarin.

Hal ini diungkapkan Pangeran Aryo Eko Yudi Prastowo Adi Nagoro selaku Pangeran Sentono dan Pangarso Wilayah Jawa Timur dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

Baca Juga: Sosialisasi PPDB Online 2024, Pj Wali Kota Mojokerto Minta Jangan Ada Sekat Geografis dan Minimalisir Persoalan Klasik

"Berdasarkan prestasi kinerja, Ning Ita memiliki segudang prestasi. Sehingga Sinuwun dalam pemberian gelar mengambil keputusannya dari berbagai aspek," ujarnya, Minggu (3/10/2021) sore.

 

Pangeran Aryo Eko menyebut, kalau dalam bahasa jawa, gelar yang disandang Wali Kota perempuan pertama di Mojokerto ini masih trah kusuma rembesing madu maka (keturunan orang-orang terpilih) akan kembali ke asalnya yaitu Kasunanan Surakarta Hadiningrat. 

“Jadi Ning Ita adalah Sentono Dalem yaitu keluarga Raja. Berbeda dengan abdi dalem yaitu pegawai kerajaan,” jelasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, maksud dan tujuan Sinuwun Pakoe Boewono XIII menganugerahkan gelar ini adalah kalau sudah trah kusumo rembesing madu maka masih tetap mengemban amanah dengan  menguri2 budaya luhur dengan tidak meninggalkan adat istiadat sebagai orang jawa.

Baca Juga: Meriah, Lomba Patrol Ramadhan Diikuti Ratusan Pelajar dan Karang Taruna Se Kota Mojokerto

"Apalagi kita adalah kerabat keraton kasunanan Hadiningrat. Sehingga dalam mengemban amanah sebagai pemimpin harus memegang teguh filsafat dan falsafah budaya jawa yg luhur," tegasnya.

Ia mencontohkannya dengan menerapkan Hasta brata sehingga berimplikasi kepada kemakmuran daerah yg dipimpinnya. 

"Saya berharap gelar kebangswanan ini menjadi suri tauladan dan penyemangat bagi Ning Ita Kanjeng Mas Ayu Tumenggung agar berkiprah lebih baik dan hebat lagi dalam mengemban amanah pemerintahan dan dari Sinuwun Pakoe Boewono XIII sebagai Sentono Dalem," pungkasnya.

Baca Juga: Kawal Hak Pekerja, Pemkot Mojokerto Buka Posko Pengaduan THR

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Solo. Gelar yang diterima Ning Ita yakni Kanjeng Mas Ayu Tumenggung.

Gelar tersebut diserahkan langsung oleh SISKS Pakoe Boewono XIII saat rangkaian kegiatan Hajad Dalem Garebeg Mulud Alip 1955/2021 Masehi, Sabtu (2/10/2021).

Dengan gelar itu, Ia tercatat sebagai satu-satunya Wali Kota Mojokerto yang disahkan menjadi kerabat Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dan kini namanya menjadi Kanjeng Mas Ayu Tumenggung Hj. ika Puspitasari Arumingtyas SE. dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU