Home / Peristiwa : Usung Tema Omprog: The Glory of Art

Sandiaga Apresiasi 'Gandrung Sewu Banyuwangi' Jadi Ikon Seni Budaya Nasional, Tampilkan 1.200 Penari

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 17 Sep 2023 10:16 WIB

Sandiaga Apresiasi 'Gandrung Sewu Banyuwangi' Jadi Ikon Seni Budaya Nasional, Tampilkan 1.200 Penari

i

Festival Gandrung Sewu tampilkan 1.200 penari. SP/ BYW

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penampilan Gandrung Sewu Banyuwangi yang digelar di Pantai Marina Boom, Kelurahan Kampung Mandar, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (16/09/2023) yang mengusung tema Omprog: The Glory of Art. 

Sandiaga Uno menyebut Gandrung Sewu diapresiasi sebagai ikon Seni Budaya Nasional dengan menampilkan pertunjukan kolosal 1.200 penari dan 150 talenta pendukung serta aksi pasukan TNI Angkatan Udara yang bermanuver di udara.

Baca Juga: Ribuan Satlinmas di Banyuwangi Dilibatkan dalam Pemilu 2024

“Festival Gandrung Sewu layak menjadi ikon seni Indonesia,” ungkap Sandiaga Uno.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga turut hadir menyebut Festival Gandrung Sewu menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan budaya lokal ke publik global. 

“Ini akan menjadi pintu pembuka, bagaimana budaya Banyuwangi bisa tampil di pentas-pentas internasional,” puji Khofifah, Minggu (17/09/2023).

Baca Juga: Diduga Pecah Ban, Truk Terguling

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyebut, Festival Gandrung Sewu tak semata persoalan pertunjukan. Tapi, menjadi konsolidasi kebudayaan. Ia mengenang bagaimana sulitnya mencari seribu penari gandrung pada saat pertama kali dihelat. 

Berbeda dengan sekarang, ribuan anak-anak muda antusias mengikuti seleksi agar bisa tampil. Ribuan anak-anak muda dari berbagai penjuru datang dan antusias mengikuti seleksi di masing-masing kecamatan agar bisa tampil.

Baca Juga: Lautan Massa Pendukung AHY-SBY Birukan Kandang Banteng Banyuwangi

“Gandrung Sewu ini juga menjadi bagian dari konsolidasi kebudayaan. Bagaimana kemudian menari gandrung menjadi kebanggaan bagi anak-anak muda. Mereka turut melestarikan seni dan budayanya,” paparnya.

Sebagai informasi, dalam pagelaran seni kolosal Gandrung Sewu Banyuwangi ini turut hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo, Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin, dan perwakilan berbagai kementerian serta pemda se-Indonesia. byw-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU