Sandiaga Uno Serahkan BIP JPU di Banyuwangi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Sep 2021 09:20 WIB

Sandiaga Uno Serahkan BIP JPU di Banyuwangi

i

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyerahkan secara simbolik BIP JPU kepada orang penerima di kabupaten Banyuwangi dari 800 penerima seluruh Indonesia.

SURABAYAPAGI, Banyuwangi – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno menyerahkan secara simbolik Bantuan Insentif Pemerintah  Jaring Pengaman Usaha (BIP JPU) kepada lima orang penerima di kabupaten Banyuwangi dari 800 penerima seluruh Indonesia.

“Masing-masing mendapatkan Rp 10 juta, dan kita harapkan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin," ujar Sandi.  Kemenparekraf memberikan bantuan pendanaan bagi usaha yang bergerak di sektor ekonomi kreatif. Jenis Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) Kemenparekraf tersedia dalam dua bagian yaitu BIP Reguler dan BIP JPU (Jaringan Pengaman Usaha). Bagian pertama diperuntukkan kepada BIP reguler, usaha yang sudah memiliki NIB dan berbadan hukum, yang dibagi menjadi 8 (delapan) subsektor : aplikasi, game, developer, kriya, fesyen, kuliner, film/video & animasi, dan pariwisata. Jumlah bantuan maksimal Rp. 100.000.000 per penerima. 

Baca Juga: Dongkrak Event Olahraga Berkualitas, Menparekraf Bakal Contoh ‘Sport Tourism’ Ala Jepang

Sementara BIP JPU dibagi menjadi 3 (tiga) subsektor meliputi : fesyen, kuliner, kriya diperuntukkan bagi usaha yang sudah memiliki NIB dan berbadan usaha. Jumlah bantuan Rp. 10.000.000 per penerima.

“Ini adalah salah satu bentuk perhatian kami kepada UKM yang terdampak pandemi," tegasnya. Sandi mengungkapkan, para penerima program ini tidak sembarangan dipilih, melainkan ada tim kurator yang langsung turun ke masyarakat. Sehingga penerima prpgram ini sesuai dengan kriteria yang diatur dalam petunjuk teknis dan pastinya dengan akuntabilitas yang sangat baik.

"Jadi mereka yang mendapatkan bantuan sudah diseleksi sangat ketat, sehingga usai dapat bantuan ini kami pastikan bisa mengembangkan usahanya," tegasnya.  Salah satu penerima BIP JPU Ummy Kultsum Agustini dari Singayu Jewelry sangat berterima kasih dengan adanya bantuan dari pemerintah khususnya dari Kemenparekraf.

"Senang sekali karena ada suport dari pemerintah khususnya  dari Kemenparekraf terutama untuk kami para UKM yang memang dimasa pandemi ini sulit sekali kami hadapi untuk bertahan," katanya. 

Baca Juga: Elite PPP, Cenderung Terpecah

Dia menegaskan, bantuan ini akan digunakan untuk mengembangkan karyanya sehingga bantuan ini akan dimanfaatkan dengan baik.

"Bantuan ini bisa kami manfaatkan dengan baik untuk kembangkan usaha kedepannya supaya hasil kerajinannya juga lebih berkualitas hasilnya," tukasnya.

Sementara, penerima lainnya Nurul Huda juga mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraft atas bantuan yang diterimanya. Apalagi dirinya selaku UKM dibidang kuliner dan masuk dalam programnya Kemenparekraf. Nurul Huda mengucapkan, dengan dapatnya bantuan ini dirinya bisa mengembangkan usahanya khususnya peningkatak kualitas dan produksi dari jenis usahanya.

Baca Juga: PPP Anggap Pilpres Sudah Game Over

Nurul menegaskan, apalagi dia juga sering mendapatkan bimbingan dari Kemenparekraf untuk pengembangan usahanya bahkan sehari sebelumnya dia juga ikut workshop yang diadakan oleh Kemenparekraf.

"Saya akan terus kembangkan usaha saya dan akan dipraktikkan program yang didapatnya dalam workshop," ujarnya.  Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno yang telah menggelar program ini sehingga bisa membantu para pengusaha kecil model dirinya.bud

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU