Sanggar Tari Kembang Maja Gelar Lomba Tari Virtual

Adek Kalisa berpose setelah selasai menari di Sidoarjo, Jawa Timur. Adek Kalisa memperoleh Juara 1 kategori anak.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Sanggar Tari Kembang Maja mengadakan lomba tari dengan mengusung tema Tunggal Kreasi Tradisi Virtual 2021 di gelar secara online di akun youtube Sanggar Kembang Maja. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari bulan Juli sampai bulan Oktober diikuti mulai umur 6 tahun sampai kategori dewasa /umum dari berbagai daerah atau kota diantaranya DKI Jakarta, Magelang, Madiun, Gresik, Sidoarjo, Blitar, Surabaya, Bandung, dan Kalimantan.

Lomba tari ini digagas semenjak adanya pandemi, dengan memberikan ruang gerak serta kreatif bagi anak muda sebagai regenerasi bangsa agar melakukan hal – hal positif, dengan tujuan untuk melestarikan kesenian daerah, mempererat silaturahmi antar pengkarya seni tari, dan memperkenalkan keseluruhan tari tradisi kreasi Jawa Timur kepada masyarakat luas dengan menyiasatinya peserta lomba mengirimkan video dari rumah supaya lebih efektif.

Sanggar Tari Kembang Maja turut berkontribusi terhadap perkembangan Seni Tari kreasi tradisi dalam perannya menjaga budaya masyarakat Indonesia, dengan mengingatkan generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian budaya yang sudah tentu akan menjadi aset bagi anak-cucu sebagai penerus bangsa, sehingga kehidupan yang diidamkan akan terwujud dalam kedamaian yang abadi.

Dalam lomba tari menghadirkan dewan juri dari department tari Dewan kesenian jawa timur, seperti R Sonny Budiharto, Siska Dona M,S.E,S.Sn sekaligus founder dari Sanggar Kembang Maja dan aktivitas seniman yaitu Freda Pris Prasdana Lulusan STKW Surabaya.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Dewan Kesenian Jawa Timur, yang memberikan sambutan dalam acara koordinator presidium DJKT yaitu Taufik Monyong. Pengumuman dilaksanakan tanggal 9 oktober 2021 di akun youtube Sanggar Tari Kembang Maja.

Pemenang peserta lomba Tari Tunggal Kreasi Tradisi Virtual 2021 tingkat umum diperoleh Juara 1 dengan judul Tari Galagar Odeng oleh Alizka  Novia Salsabila dari Bandung, Juara 2 judul Tari Gelang Ro’om oleh Adek Aurea Shifa dari Blitar, Juara 3 judul Tari Ngganong oleh Adek Yunita Ayu dari Blitar.

Sementara itu, Kategori Anak  diperoleh Juara 1 Tari Bondan Payung oleh Adek Khalisa Ramadhani dari Sidoarjo, Juara 2 Tari Condong oleh Adek Gabriella dari Sidoarjo, Juara 3 judul Tari Laladoh oleh Adek Amira Tsabita dari Samarinda, Kalimantan. Untuk juara favorit yaitu judul karya Merak Wetan oleh Khania Ramadhani dari Madiun, dan Tari Gandrung Marsan oleh Adek Amalia Ega dari Blitar.

Dan tanggal 12 Oktober 2021 telah terpilih juara kategori favorit menurut dewan juri yaitu kategori umum dari kota Kediri atas nama Aubrey dan Juara Favorit  kategori anak dari kota Pasuruan bernama Danish.

Siska Dona Miasari selaku Ketua Pelaksana lomba dan Founder Sanggar Kembang Maja mengucapkan banyak terimkasih kepada seluruh peserta dari beberapa kota dan daerah Indonesia yang sudah berantusias mengikuti ajang ini.

“Terus berlatih dan berproses. Jangan berkecil hati jika belum berhasil. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Peserta yang menang jangan mudah puas dan terus semangat mengasah ketrampilan dalam melestarikan budaya bangsa,”pungkasnya. Patrik Cahyo