Home / Pemerintahan : 21 Daerah Jatim Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Sasaran Vaksinasi Capai 2.048.628 Anak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 14 Des 2021 17:12 WIB

Sasaran Vaksinasi Capai 2.048.628 Anak

i

Vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Jatim rencananya digelar di beberapa tempat. SP/IST

 

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Jatim akan dimulai Rabu (15/12).Berdasarkan sensus penduduk di Jatim terdapat sebanyak 2.048.628 anak berusia 6-11 tahun. Nantinya untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Vaksin Sinovac.

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan, untuk hari pertama, vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Jatim rencananya digelar di beberapa tempat. Yakni di SDN Kaliasin 1 Surabaya sebanyak 764 siswa, dan Kantor Kecamatan Ngawi sebanyak 300 siswa.

Hari berikutnya pelaksanaan vaksin anak digelar di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Ngawi, Kota Madiun, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo.

"Prinsipnya daerah yang telah mencapai vaksinasi umum di atas 70 persen dan vaksinasi Lansia lebih dari 60 persen, serta memiliki stok vaksin Sinovac silahkan dimulai vaksinasi anak umur 6-11 tahun mulai besok," kata Khofifah di Kota Kediri, Selasa (14/12).

Khofifah meminta bupati/wali kota di Jatim yang telah memenuhi persyaratan sesuai regulasi Kemenkes untuk melakukan gerak cepat mensukseskan percepatan vaksinasi bagi anak. Menurutnya, hal ini merupakan bagian dari maksimalisasi program vaksinasi anak sesuai dengan Instruksi Presiden untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

"Hal ini merupakan bagian dari ikhtiar, dan saya berharap ini diluaskan ke sekolah-sekolah," ujar Khofifah.

Khofifah menambahkan, Pemprov Jatim akan terus mendorong percepatan vaksinasi kategori anak. Itu dilakukan demi mencapai kekebalan komunal di wilayah setempat. Ia pun berharap, semakin banyak kalangan masyarakat yang divaksin, kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) berkesempatan besar bisa segera dilaksanakan serentak. 

"Saya tahu anak-anak atau siswa lebih senang pembelajaran tatap muka. Semoga segera digelar meski bertahap dan terbatas. Karena itu ayo vaksin dan selalu terapkan protokol kesehatan," kata Khofifah.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr. Makhyan Jibril Al Farabi memastikan pihaknya mulai menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

"Sebelumnya juga sudah ada keterangan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia yang memperbolehkan vaksinasi usia tersebut. Mengingat sebelumnya sudah dilakukan uji klinis dan bukti-buktinya bahwa vaksinasi pada usia tersebut aman dan efektif," ujar Jibril dikonfirmasi Selasa (14/12). Jibril menerangkan, ada 21 kabupaten/ kota yang sudah diperbolehkan melaksanakan program vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Daerah tersebut di antaranya Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ngawi Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Tuban, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya.sb2/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU