Satgas Covid-19 Bangkalan Siapkan Isoter

Rapat koordinasi persiapan isolasi terpusat bersama bupati, forkopimda, dan muspika kecamatan di Pendopo Kabupaten Bangkalan, Rabu (15/9/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Bangkalan - Ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) mulai memasuki kabupaten Bangkalan. Mengantisipasi penularan covid-19 pada klaster pekerja migran indonesia (PMI), Satgas Covid-19 Kabupaten Bangkalan mulai menyiapkan tempat isolasi terpusat (isoter).

Hal ini disampaikan oleh Dandim 0829/Bangkalan, Letkol Inf Syarifuddin Liwang saat rapat koordinasi persiapan isolasi terpusat bersama bupati, forkopimda, dan muspika kecamatan di Pendopo Kabupaten Bangkalan, Rabu (15/9/2021).

Menurut Syarifuddin, ada dua tempat isoter yang disiapkan, yakni berlokasi di Balai Diklat dan Kantor BPWS di Surabaya.

"Ke depannya, tidak ada lagi isoman. Siapa pun yang terkonfirmasi positif, langsung dibawa ke isoter," ujarnya.

Namun, pihaknya juga meminta masing-masing kecamatan untuk menyiapkan isolasi mandiri, sehingga pasien tidak perlu jauh-jauh ke Balai Diklat atau ke Kantor BPWS di Surabaya.

Dandim menegaskan, bahwa koordinasi ini bertujuan untuk memastikan kondisi PMI dalam keadaan sehat dan tidak membawa virus.

"Kita belajar dari pengalaman 3 bulan lalu, jadi PMI yang baru datang diisolasi dulu agar tidak membawa virus kepada keluarga," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron berharap pelaksanaan isolasi terpusat juga didukung seluruh elemen masyarakat.

"Mari kita bekerja sama dengan baik. Bukan menghalangi PMI untuk bertemu dengan keluarga, tapi ini demi menjadi keluarga dan lingkungan kita agar kondisi yang sudah stabil saat ini bisa terus dipertahankan," pungkasnya.