Satgas Keamanan Desa Diminta Miliki Kemampuan Dasar

Anggota saat melakukan aktifitas. SP/Lim

 

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Bati Tuud Koramil 0821/13 Kunir Pelda Hernis Junaidi meminta, agar anggota  (SKD) Jatirejo untuk mempunyai kemampuan dasar, dalam melaksanakan tugas menjaga stabilitas keamanan desa.

Hal tersebut dikatakannya saat memberikan arahan dalam kegiatan Pembekalan bagi Satgas Keamanan Desa , bertempat di Balai Desa Jatirejo Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (19/1/2020) malam. 

Hernis juga mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dalam pembinaan wilayah, yang rutin dilaksanakan oleh Babinsa dalam membangun komunikasi dengan pemerintah daerah yang ada di wilayah. 

Lanjut dia, Anggota SKD dalam melaksanakan tugas menjaga stabilitas keamanan desa, diminta mampu mengembangkan kemampuan secara mandiri, sehingga perlu dilatih agar memiliki kemampuan standar sebagai relawan.

“Pemberian pembinaan dan pembekalan kepada Satgas keamanan desa hendaknya dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga setiap anggota satgas dapat lebih mengerti akan fungsi dan tugas yang menjadi tanggung jawabnya,” ujar dia. 

Sementara itu, Kepala Desa Jatirejo Richo Prile Jevice menerangkan, bahwa tugas satgas keamanan adalah membantu pemerintah desa dalam menjaga dan memastikan kondusifitas wilayah desa selalu dalam keadaan aman dan terkendali.

“Secara teknis dalam pelaksanaan tugas, setiap anggota satgas hendaknya selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan secara maksimal,” pungkasnya. Lim