Satgas TMMD ke 114 Kodim 0816/Sidoarjo Bersama Warga Desa Rejeni Gotong Royong Bangun Pamsimas

SURABAYAPAGI. COM, Sidoarjo - Kolaborasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) saat ini dalam proses pembangunan air minum pada kegiatan TMMD ke 114 Tahun 2022 Kodim 0816/Sidoarjo di Desa Rejeni Kecamatan Krembung Sidoarjo. Jumat, 19/8/2022.

Lain dari sasaran TMMD sebelumnya, Kali ini Program TMMD ke 114 Tahun 2022 Kodim 0816/Sidoarjo melaksanakan pembangunan Pamsimas yang merupakan wujud operasi bakti Tni dalam kegiatan TMMD di Desa Rejeni Krembung ini. Pembangunan jaringan air minum sebagai upaya Tni dan Pemkab Sidoarjo dalam upaya percepatan peningkatan akses pelayanan air minum untuk masyarakat Desa Rejeni.

Tujuan pembangunan pamsimas ini untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. Kegiatan Program Pamsimas mencakup kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan kelembagaan lokal; peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat; penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum; serta pengembangan kapasitas pelaku Pamsimas melalui pelatihan dan bimbingan teknis.

Dalam kegiatan TMMD setiap OPD dan lintas sektor memiliki peran masing-masing dan saling mendukung.  Pembangunan sarana air minum oleh masyarakat yang dilakukan secara gotong royong dengan dibantu aparat TNI.  Berikut beberapa kegiatan yang telah dilakukan TMMD. 

Dan SSK Kapten Arh Aan Chunaidi mengatakan bahwa peran aktif anggota Satgas TMMD ke 114 merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat serta wujud dukungan terhadap pelaksanaan program pemerintah daerah dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Sudah menjadi kewajiban anggota TNI untuk mendukung dan membantu mensukseskan setiap program yang telah disusun oleh pemerintah agar terwujud kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya. 

Kepala Desa Rejeni mengatakan, “Saya mengucapkan terima atas peran aktif prajurit TNI yang selalu mendukung setiap program pemerintah desa sehingga setiap pelaksanaan program dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. Semoga hubungan silaturahmi dan sikap gotong royong ini tetap berjalan harmonis sampai kapanpun, tidak hanya kegiatan TMMD ini tetapi dalam segala kegiatan.” Ujarnya. Hik