Satlantas Polres Blitar, Gelar Simulasi Ujian Praktek SIM di Ponpes Maba'ul Hisam

Secara simbolis Kanit Regident Iptu Soleman Brotosena S.Tr.K serahkan bingkisan. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Pondok Pesantrèn Mambaul Hisan di Desa Gondang Kec.Gandusari Kab.Blitar didatangi Satlantas Polres Blitar (Kamis 21/10) pagi, ada apa, ternyata kedatangan Satlantas Polres Blitar yang dikomandani langsung AKP I Putu Angga Feriyana SH.S.IK MH untuk merayakan Hari Santri di Ponpes itu, dengan kegiatan baksos, Dikmas Tibcar Lantas, serta Safety Riding dan Sosialisasi pentingnya Jasa Raharja.

Hal tersebut menurut Kasat Lantas AKP. I Putu menyampaikan, kehadiranya bersama anggota dan dari pihak Jasa Raharja merupakan peringati hari Santri, untuk itu pihaknya satlantas melaksanakan kegiatan berupa safety riding, Dikmas (Pendidikan masyarakat) lantas kepada santriwan dan santriwati di Wilkum Polres Blitar.

"Utamanya dalam kehadiran kami di Ponpes Maba'ul Hisan untuk memberikan tentang pelaksanaan Dikmas Lantas, termasuk materi Kamsel (Keamanan dan keselamatan) saat berkendaraan di jalan raya, dan harapan kami adik adik Santri agar menjadi pelopor tertib dalam berlalu lintas serta sebagai upaya mencegah /menekan angka kecelakaan, karena semua itu demi keselamatan diri maupun orang lain," kata AKP I Putu sambil saksikan para Santri lakukan simulasi ujian teori di halaman Ponpes pada waƕtawan.

 

Selain kegiatan yang bernuansa keselamatan berlalu lintas dan simulasi Uji praktek, juga digelar Bakti Sosial di lingkungan Ponpes Maba'ul Hisam, dalam kegiatan yang diawali pukul 09.00 itu diikuti puluhan Santriwan dan Santriwati, dengan cermat peserta yang rata rata berusia 16 tahun ke atas itu sambil berdialog seputaran kecelakaan dan cara cara mengendarai motor, dan tak ketinggalan juga para santri mempertanyakan tentang Tindakan Langsung (Tilang).

Dengan gamblang Aiptu Putut Siwahyudi yang sehari hari sebagai Kanit Kamsel (Keamanan dan keselamatan) Satlantas Polres Blitar, mengungkapkan dan memaparkan tentang Keselamatan di jalan raya baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan raya lainya dan kewaspadaan situasi jalan raya, termasuk mengenai Rambu rambu Lalu Lintas dan  Traffic light, juga dari pihak Jasa Raharja yang disampaikan oleh Arifin, menjelaskan aturan aturan masalah Jasa Raharja dalam kompensasi pembayaran Jasa Raharja.

Mengakhiri kegiatan peringatan Hari Santri Nasional dengan tema Santri Pelopor Tertib berlalu lintas,  beberapa Santriwan maupun Santriwati melakukan Praktek Ujian Teori mengendarai motor untuk mendapatkan SIM dengan dipandu oleh Petugas Lalu Lintas, dan penyerahan Bingkisan kepada Santri dan pemberian Helm bagi santri  yang lulus Sosialisasi ujian Praktek kendarai motor..

"Senang Pak, dapat tambahan pengetahuan cara cara ujian Praktek, dan cara menjaga keselamatan di jalan, untuk Jasa Raharja janganlah Pak, saya gak mau kecelakaan, saya senang yang dikatakan Pak Polisi, Santri dijadikan Pelopor Tertib Lalu Lintas," tutur Imam Baidowi (17) salah satu santri yang berasal dari Kec.Kalipare.Kab.Malang pada Wartawan. Les