Satu Kali Suntikan Vaksin J&J Tingkatkan Antibodi 9 Kali Lipat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 27 Agu 2021 10:02 WIB

Satu Kali Suntikan Vaksin J&J Tingkatkan Antibodi 9 Kali Lipat

i

Vaksin Johnson and Johnson (J&J). SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Vaksin Johnson and Johnson (J&J) yang akan segera datang ke Indonesia bulan depan ini diketahui hanya diberikan dalam satu dosis. Perusahaan Johnson & Johnson mengatakan satu kali suntikan vaksin Covid-19 buatannya bisa memberikan respons antibodi yang bertahan lama dan menghasilkan sel-sel kekebalan yang disebut sel T selama 8 bulan.

Dikutip dari Al Jazeera, perusahaan Johnson & Johnson mengatakan booster vaksin tengah dipertimbangkan. Dari hasil studi interim atau analisis awal, booster vaksin Covid-19 yang diberikan mampu meningkatkan antibodi secara signifikan.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Dr. Dan Barouch dari Beth Israel Deaconess Medical Center dan Harvard Medical School dan rekan-rekannya menguji darah yang diambil dari 20 sukarelawan pada tahap awal.

Data menunjukkan bahwa respons sel T, termasuk sel T CD8+ yang mencari dan menghancurkan sel yang terinfeksi bertahan selama jangka waktu 8 bulan.

Para peneliti di Universitas Washington di St. Louis melaporkan bahwa studi mereka terhadap sukarelawan yang sudah suntik vaksin Covid-19 menunjukkan perlindungan yang bertahan lebih lama dari 8 bulan, bahkan bertahan selama bertahun-tahun.

Tim Barouch juga menguji darah dari sukarelawan yang divaksinasi dan sejumlah varian virus corona, termasuk varian Delta atau B.1.617.2 yang pertama kali terlihat di India, varian B.1.351 atau Beta yang pertama kali terlihat di Afrika Selatan, dan P. 1 atau varian Gamma menyebar di Brazil.

"Kami melihat cakupan antibodi penetralisir yang kuat dari varian tersebut,” kata Barouch, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Selain itu, dosis booster vaksin Johnson and Johnson yang berarti dosis kedua vaksin, setidaknya memberikan antibodi 9 kali lebih tinggi dalam 28 hari setelah menerima dosis pertama, kata perusahaan itu dalam rilis mereka.

Tidak seperti neutralising antibodies yang menghancurkan virus, binding antibodies menempel pada virus tetapi tidak menghancurkannya atau mencegah infeksi. Mereka memperingatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sel darah putih mendapat sinyal untuk menghancurkan virus.

Menurut J&J, penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam respons antibodi pada peserta berusia 18-55 tahun dan pada mereka yang berusia 65 tahun ke atas yang menerima dosis booster lebih rendah.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Juru bicara vaksin Johnson & Johnson mengatakan hasil tersebut akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang. Juli lalu, Johnson & Johnson merilis data di New England Journal of Medicine yang menunjukkan neutralising antibodies yang dihasilkan oleh vaksinnya tetap stabil delapan bulan setelah vaksinasi dengan dosis tunggal.

"Dengan data baru ini, kami juga melihat bahwa dosis booster vaksin Johnson & Johnson Covid-19 semakin meningkatkan respons antibodi di antara peserta penelitian yang sebelumnya telah menerima vaksin kami," Mathai Mammen, kepala penelitian dan pengembangan di divisi farmasi Janssen J&J , kata dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap dapat berdiskusi dengan pejabat kesehatan masyarakat tentang strategi potensial untuk vaksin Johnson & Johnson Covid-19 kami, meningkat delapan bulan atau lebih setelah vaksinasi dosis tunggal utama." Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU