Home / Peristiwa : Tabrakan Beruntun di Tol Boyolali

Satu Truk Terpental, Enam Truk Ringsek, Diduga Diseruduk Truk Tronton

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 14 Apr 2023 19:49 WIB

Satu Truk Terpental, Enam Truk Ringsek, Diduga Diseruduk Truk Tronton

Delapan orang Meninggal, 1 Luka Berat dan 5 Luka Ringan

 

Baca Juga: Mandala Shoji dan Istri Alami Kecelakaan Mobil hingga Ringsek, Tahun Ini Gagal Mudik

SURABAYAPAGI.COM, Solo - Ini peristiwa kecelakaan luar biasa. Dengan melibatkan sedikitnya delapan unit kendaraan bermotor dari berbagai jenis. Delapan mobil ini bertabrakan beruntun di Tol Boyolali pada Jumat (14/4/2023). Kejadian ini menjelang puncak mudik Idul Fitri 1444 H / 2023.

Kecelakaan tepatnya terjadi 600 meter dekat di rest area Bale Nglaras KM 487 Desa Teras, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Delapan orang meninggal dunia. Penyebab kecelakaan diduga karena salah satu truk mengalami rem blong.

Akibat benturan yang keras, mobil-mobil berat itu kemudian bergerak, hingga sebagian korban terhimpit di dalam kendaraan yang mereka tumpangi.

"Ya, korban meninggal dunia bertambah menjadi 8 orang," kata Kapolres Boyolali AKBP Petrus Parningotan Silalahi saat ditemui di lokasi kecelakaan dilansir detikJateng, Jumat (14/4/2023).

"Diperkirakan rem blong truk trailer muat besi, menabrak 7 kendaraan," tambah Kanit 7 Sat PJR Ditlantas Polda Jateng, AKP Sarwoko, di lokasi kejadian Jumat (14/4/2023).

 

Delapan Kendaraan

Data dari jajaran Satlantas Polres Boyolali, kedelapan kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini antara lain truk tronton bernomor polisi (nopol) E 9124 AF, minibus Isuzu Elf nopol S 7481 JA, dan truk tangki nopol B 9116 CFU.

Selain itu juga truk nopol B 9442 UEX, Isuzu Giga nopol W 8143 UQ, truk Hino nopol B 9287-UXC serta sebuah truk Isuzu Giga nopol: B 9644 BEK.

Kasatlantas Polres Boyolali, AKP M Herdi Pratama mengungkapkan, berdasarkan keterangan para saksi di lokasi, kecelakaan yang merenggut delapan korban jiwa ini dipicu oleh salah satu truk yang mengalami rem blong.

 

Berawal dari Truk Tronton

Kecelakaan bermula saat truk tronton bernomor polisi E 9124 AF yang dikemudikan M Junaedi (45) warga Tegal berjalan dari arah Semarang menuju Solo.

Saat akan melintas di lokasi kejadian, di wilayah Desa Mojolegi, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali diduga truk yang bermuatan besi ini remnya tidak berfungsi dengan baik, sehingga pengemudi tidak mampu mengendalikan kendaraannya.

Truk tronton ini kemudian oleng ke kiri dan menabrak minibus Isuzu Elf bernomor polisi S 7481 JA. "Truk yang masih melaju kemudian menabrak enam truk lain yang saat itu sedang berhenti atau beristirahat di sekitar Rest Area KM 478 A," jelasnya.

Akibat benturan yang cukup keras, truk Isuzu Giga bernomor polisi B 9644 BEK terpental dan terguling di bahu jalan sebelah kiri. "Tak hanya itu sejumlah muatan truk yang tertabrak juga berserakan di bahu jalan," ujarnya.

 

Baca Juga: Hantam Pohon, Pengendara di Jombang Tewas

Rem Blong Truk Trailer

Saksi mata seorang sopir truk pengangkut mobil, Irwan, mengatakan kecelakaan itu diduga akibat rem blong truk trailer pengangkut besi. Ia menyebut rem blong terjadi sebelum rest area.

"Kernetnya selamat, tadi bilang katanya remnya blong sejak sebelum rest area," kata Irwan di lokasi kejadian.

Saat kejadian, posisi enam kendaraan truk saat itu sedang berhenti di bahu tol timur rest area Km 487 Boyolali untuk istirahat. Awalnya, truk trailer muat besi itu menabrak mobil travel yang sedang melaju. Kemudian, ia menabrak enam truk yang sedang berhenti tersebut.

"Saya sedang di dalam kabin, sedang makan sahur. Tiba-tiba terdengar suara benturan keras di belakang," ujar Irwan, sopir truk pengangkut mobil, Jumat (14/4/2023).

 

Lima Korban Terjepit Truk

Truknya juga tertabrak dan kena di bagian belakang. Namun, truk tersebut tidak sampai terguling.

Saat usai tabrakan lima korban terjepit Truk Berhasil Dievakuasi.

Satu korban yang terjepit truk boks muatan paket lebih dulu berhasil dievakuasi. Proses evakuasi melibatkan alat berat jenis crane untuk mengangkut truk tersebut agar tubuh korban dapat ditarik keluar.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Bus Mira Tabrak Truk Muatan Ayam dan Pikap di Jombang, 2 Orang Tewas

Beberapa jam setelah tabrakan, korban kecelakaan maut di Tol Semarang Solo itu berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia.

Delapan kendaraan itu terdiri dari 2 truk carrier atau pengangkut mobil, 2 truk boks muatan paket, 1 trailer muat besi, 1 truk tonton, 1 truk tangki, dan 1 mobil travel

 

Mobil Travel Isuzu Elf

Polisi mengatakan semula ada enam orang meninggal dunia akibat kecelakaan beruntun di Tol Boyolali tersebut. Keenam korban sudah dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit. dua orang meninggal di rumah sakit.

"Jumlah korban meninggal sementara ini ada 6 orang, satu luka berat dan 5 luka ringan," kata Kasatlantas Polres Boyolali AKP M. Herdi Pratama di lokasi kejadian, Jumat (14/4/2023).

Herdi mengatakan identitas korban saat ini belum teridentifikasi. Para korban tewas maupun luka dibawa ke RSUD Pandan Arang dan RSU Indriati Boyolali.

Menurut Herdi, korban tewas paling banyak berasal dari mobil travel Isuzu Elf yang berjumlah empat orang. Sedangkan, korban lainnya merupakan kru truk yang tertabrak.

Sering Terjadi Laka Maut, Kasatlantas menyebut Tol Boyolali dikenal Jalur Tengkorak n sl/bin/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU