SDN Dukuhsari 1 Jabon Giatkan Pramuka untuk Gembleng Kepribadi Anak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Mar 2022 11:27 WIB

SDN Dukuhsari 1 Jabon Giatkan   Pramuka untuk Gembleng Kepribadi Anak

i

Anggota Siaga dan Penggalang Pramuka SDN Dukuhsari 1 Jabon. Foto sp/Hikmah

SURABAYA PAGI, Sidoarjo- Jauh dari anggapan kalau pramuka itu ketinggalan zaman, berbagai kegiatan pramuka akan membuat anak menjadi pribadi yang tangguh untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Salah satu kegiatan ekstra kulikuler untuk menggembleng anak menjadi pribadi yang tangguh kali ini, SDN Dukuhsari 1 dibawah bimbingan Pj. Kepala Sekolah, Suyono, S.E, M. Pd, mengadakan kegiatan ekstra Pramuka. Guru Pembina pramuka yang ditemui saat kegiatan dihalaman SDN Dukuhsari 1 Jabon Selasa ( 15/3'2022 ).

Baca Juga: Aksi Heroik Sang Petualang Mudik Gunakan Sepeda Motor Antar Pulau

Tri Andi Susanto S.Pd, mengatakan bahwa kegiatan pramuka kali ini diikuti kelas 3 sampai kelas 6. Kegiatan pramuka tersebut rencana dimulai pukul 07.00 sampai pukul 16.00, oleh karena itu seluruh peserta juga harus membawa perlengkapan alat Sholat.

Seluruh anggota pramuka berkumpul dihalaman Sekolah SDN Dukuhsari 1 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan apel bersama Pj. Kepala Sekolah untuk persiapan acara yaitu pengarahan, pengecekan anggota dari masing masing kelompok.

Bagi anggota siaga yaitu kelas 3 dan kelas 4 tetap berkumpul depan halaman Sekolah SDN Dukuhsari 1, sedangkan kelas 5 dan 6 yaitu anggota penggalang melanjutkan apel persiapan di lapangan sebelah selatan Koramil Jabon untuk melakukan kegiatan Penjelajah.

Kelompok regu Penggalang yang dipimpin oleh Ibu Ratih S. Pd dan dibantu Saudara Ma'ruf melakukan kegiatan Penjelajah yang dimulai dari lapangan Koramil Jabon kemudian mengelilingi Desa Dukuhsari dengan berjalan beriringan dalam satu kelompok masing masing.

Baca Juga: Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Warga Dukuhsari Jabon Gelar Kerja Bakti Massal Rutin

Dalam perjalanan jelajah tersebut anak anak merasa sedikit kecapek an namun tetap semangat bersama tim penjelajah, di pertengahan perjalanan tepatnya Kampung Dukuhsari Kidul peserta beristrahat sejenak sambil mendengarkan arahan dari bu Ratih tentang rute yang dilalui selanjutnya sambil meneguh air yang dibawa masing masing.

Sedangkan bagi anggota Siaga yaitu kelas 3 dan kelas 4 dibawah bimbingan langsung Pak Guru Tri Andi Susanto S. Pd dibantu oleh Ibu Vivi Widianti S. Pd dan Andien Zaimah S. Pd tetap melakukan kegiatan pramuka dihalaman Sekolah dengan tetap semangat serta menyenangkan yaitu melakukan segala permainan ala Pramuka.

Salah satu manfaat dari mengikuti kegiatan Pramuka adalah bukan hanya sekedar mengisi waktu luang bagi anak saja. Namun, semua kegiatan yang dilakukan ternyata memiliki manfaat untuk kehidupan anak ke depannya, Lebih Percaya Diri Saat anak ikut kegiatan pramuka.

Baca Juga: Rekapitulasi Hasil Pemilu, TPS 8 Desa Dukuhsari Jabon Tetap Kondusif Meski Lelah Begadang Semalaman

Dia akan didorong untuk belajar hal baru, bertemu banyak orang, serta menghadapi berbagai tantangan tanpa harus takut dihakimi saat melakukan kesalahan. Kegiatan pramuka bukan hanya menyenangkan dan edukatif, tapi juga menekankan nilai tanggung jawab dan disiplin.hik

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU