Sebanyak Seribu Sertifikat Program PTSL di Jombang Dibagikan ke Warga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Jun 2020 18:55 WIB

Sebanyak Seribu Sertifikat Program PTSL di Jombang Dibagikan ke Warga

i

Penyerahan secara simbolis sertifikat program PTSL oleh Bupati Jombang kepada warga. (SP/Istimewa)

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menerima sertifikat Program Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional.

Baca Juga: Pecah Ban, Bus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Dengan didampingi Kepala BPN Jombang, Camat, Danramil, dan Kapolsek wilayah Jogoroto, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyerahkan sertifikat secara simbolis kepada warga di Balai Desa Sumbermulyo.

Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab mengungkapkan, bahwa pihaknya mengaresiasi positif kinerja BPN Jombang yang terus menyelesaikan program PTSL meski ditengah pandemi Covid 19.

"Alhamdulilah, semangat kerja BPN Jombang luar biasa. Sehingga program pemerintah pusat ini dapat terealiasasi dengan baik," katanya dalam sambutannya, Kamis (11/6/2020).

Bahkan di era new normal ini, papar Mundjidah, penyerahan sertifikat diserahkan secara bergelombang, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Masyarakat tetap jaga jarak, bermasker. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Bupati menjelaskan, bahwa Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan program Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pembuatan sertifikat tanah bagi warga.

"Karena banyak masyarakat di berbagai daerah di Indonesia yang belum memiliki sertifikat atas tanahnya. Program tersebut merupakan terobosan pengurusan sertifikat menjadi cepat," jelasnya.

"Sehingga manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat, dan hal ini dapat mengurangi sengketa tanah yang bisa saja terjadi di wilayah kita," sambungnya.

Baca Juga: Satgas Pangan Jombang Cek Kestabilan Pasokan dan Harga Bapok

Kemudian Mundjidah juga mengingatkan kepada masyarakat, ditengah pandemi Covid-19 yang angkanya masih tinggi ini, masyarakat jangan sampai keliru memaknai new normal.

"Dalam menuju tatanan kehidupan baru menjelang New Normal, apabila warga hendak keluar rumah wajib menggunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun dan selalu jaga jarak," tukasnya.

Sementara itu, Kepala BPN Jombang, Tutik Agustiningsih SH, MHum menerangkan, sertifikat gratis PTSL, Program Presiden tahun 2020 untuk Desa Sumbermulyo sebanyak 3.306 sertifikat. Yang telah memanfaatkan program tersebut sebanyak 1.000 sertifikat.

"Sehingga yang belum memanfaatkan program ini otomatis untuk selanjutnya harus melaksanakan secara mandiri. Setelah ini pengurusan sertifikat sudah secara mandiri," terangnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

Tutik mengungkapkan, program ini sudah di sosialisasikan cukup lama. Akan tetapi semua kembali kepada warga setempat. Dalam satu desa, hanya dilakukan sekali dalam program PTSL.

"Bagi warga penerima sertifikat, apabila ada nama yang salah ketik jangan di ganti sendiri. Akan tetapi, dilaporkan kepada perangkat desa, selanjutnya dibawa ke BPN dan di betulkan," ungkapnya.

Karena, lanjut Tutik, sertifikat yang dibagikan merupakan turunan yang dibuat di BPN. Jika sertifikat hilang agar dilakukan kepengurusan ulang.

"Maka dari itu, sertifikat tersebut jangan sampai hilang, simpan dengan baik. Dan amankan sertifikat yang sudah dimiliki,” pungkasnya.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU