Sebelas Napi dan Satu Sipir Positif Covid, Lapas Jember Disemprot

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Apr 2021 15:09 WIB

Sebelas Napi dan Satu Sipir Positif Covid, Lapas Jember Disemprot

i

Sebanyak 1000 liter cairan disinfektan, disemprotkan di Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Jember. SP/DIK

SURABAYAPAGI,Surabaya - Sebanyak 1000 liter cairan disinfektan, disemprotkan di Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Jember. Penyemprotan tersebut dilakukan setelah 11 Narapidana wanita dan 1 petugas terkonfirmasi positif covid-19.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember Yandi Suyandi mengatakan, napi positif covid tersebut berasal dari blok wanita yang sebelumnya sempat mengeluh muntah muntah hingga akhirnya petugas Lapas membawanya ke RSU Dr Soebandi, Jember.

Baca Juga: Gudang Tembakau PTPN X Kebun Ajung Jember Hangus Terbakar saat Sahur

"Napi bersangkutan langsung menjalani isolasi selama 14 hari sebelum dikembalikan ke Lapas yang ada di Jl PB. Sudirman No.13 Jember,"katanya, Selasa (27/4/2021).

Kami sudah melakukan penyemprotan secara intensif seminggu sekali. "Sebagai bentuk antisipasi, Lapas Jember langsung melakukan test Swab kepada 36 orang termasuk petugas dan hasilnya sebanyak 11 narapidana dan 1 petugas dari lapas dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19,"terang Yandi.

Dengan adanya penderita tersebut, Selasa siang relawan dari Palang Merah Indonesia jember melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan yang ada di lapas. Bahkan sebanyak 1000 liter cairan disinfektan disemprotkan khusus untuk lapas guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Baca Juga: Pantai Cemara Jember Diterjang Banjir Rob

Ketua PMI Jember E. A Zaenal marzuki menyampaikan, kami siap membantu seluruh stakeholder yang ada di Jember, termasuk Lapas Klas IIA ini.  kita bantu melakukan penyemprotan disinfektan.

"Sebanyak 15 relawan PMI kita kerahkan untuk menyemprotkan 15.000 liter cairan,”ujar Zaenal.

Selain penyemprotan, PMI Jember juga akan memberi vitamin untuk menjaga imunitas masing masing yang ada dilapas terlebih setiap hari banyak keluar masuk kunjungan keluarga narapidana.

Baca Juga: Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Jember Diperpanjang

 “Nanti kami bnttu beri vitamin juga apalagi disini banyak keluar masuk masyarakat yang berkunjung,”terangnya.

Kondisi Lembaga Permasyarakat klas IIA Jember kini sudah melebihi kapasitas, dari daya tampung 390 orang, kini jumlahnya telah mencapai 790 orang. (dik)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU