Sebelum Dilantik, Bupati Terpilih Lamongan Ritual Sungkem ke Orangtua

Bupati terpilih Yuhronur Efendi saat sungkem ke orang tuanya sebelum mencoblos pada pilkada 9 Desember 2020 lalu. SP/MUHAJIRIN KASRUN

 

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Agenda padat harus dijalani oleh bupati dan wakil bupati Lamongan terpilih Yuhronur Efendi -KH Abdul Rouf jelang pelantikannya pada Jum'at (26/2/2021) malam, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, salah satunya meminta doa restu atau sungkem ke kedua orang tuanya dan ziarah ke makam mertuanya di Karanggeneng. 

Sungkem ini seperti disampaikan oleh Yuhronur Efendi, sebagai aktivitas yang rutin yang ia lakukan bersama dengan keluarga besarnya selama ini, jelang melakukan atau sedang mengerjakan sesuatu yang besar yang butuh dukungan moral.

Ritual sungkem ke kedua orang tuanya ini kata Yuhronur, bagian dari ritual minta doa restu dan support untuk bisa mengemban amanat sebagai bupati Lamongan, karena menurut nya doa orang tua adalah bekal/modal spirit dirinya untuk bisa menjalankan segala aktivitas, lebih-lebih dalam pengabdian ke masyarakat.

"Tentu sebelum berangkat dilantik, kami bersama keluarga akan melakukan ritual seperti biasanya, yakni sungkem terlebih dahulu ke kedua orang tua saya yang ada di Karanggeneng, untuk meminta doa restu agar dalam pelantikan bupati dan wakil bupati bisa lancar tidak ada halangan suatu apapun," kata Bupati Terpilih periode 2021-2024 ini.

Selain sungkem ke orang tuanya, Yuhronur bersama keluarganya juga akan ziarah ke makam ibu mertuanya yang masih ada di wilayah Karanggeneng yang lokasi makamnya tidak jauh dari rumah domisili kedua orang tuanya. "Setelah sungkem, dilanjut ziarah ke ibu mertua," terangnya.

Yuhronur juga berharap dukungan moral doa restu dari seluruh masyarakat Lamongan, agar pelantikannya oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa digelar di Gedung Negara Grahadi Surabaya berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun. 

"Dari lubuk hati yang paling dalam, izinkan kami bersama Wabup besok (Jum'at red) meminta doa restu dan dukungannya kepada masyarakat Lamongan agar pelantikan berjalan lancar, dan kami segera menjalankan amanat ini untuk menuju cita-cita bersama menjaga kesinambungan menuju kejayaan," pintanya.

Sekedar diketahui, bupati dan wakil bupati Lamongan terpilih ini akan dilantik bersamaan dengan kepala daerah dari Banyuwangi, Gresik, dan Surabaya. Karena ke empat daerah ini masuk gelombang ke tiga pelantikan, sehingga pelantikannya digelar pada malam hari. jir