Sebelum Eksplorasi Sumur Kasuari Emas, Masyarakat Terima Sosialisasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 27 Jul 2021 17:34 WIB

Sebelum Eksplorasi Sumur Kasuari Emas, Masyarakat Terima Sosialisasi

i

Perwakilan Pertamina EP saat menyampaikan sosialisasi di depan masyarakat. SP/IST

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Sebelum pihak Pertamina EP Cepu Zona 11 Regional Jawa Timur melakukan eksplorasi mencari sumber minyak di Desa Beru Kecamatan Tikung Kabupaten Lamongan, pada Selasa (27/7/2021) dilakukan sosialisasi ke masyarakat dan stakeholder setempat.

Sosialisasi yang digelar di Balai Desa Canggah, Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan tersebut, berjalan cukup lancar, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, karena masih dalam situasi pandemi covid-19, dan perpanjangan penerapan PPKM level 4.

Baca Juga: Libur Lebaran 2024, Konsumsi BBM Pertamax Series di Jatimbalinus Naik 28 Persen

Eksplorasi ini bagian dari upaya Pertamina EP Cepu, mendukung tercapainya target Nasional produksi 1 juta barel minyak per hari yang ditetapkan SKK Migas.

Dalam sosialisasi ini, dihadiri pihak Pertamina EP, pemerintah Desa Beru, Canggah, dan Simbatan, Camat, Komandan Rayon Militer (Danramil), dan kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) setempat dan perwakilan masyarakat setempat. 

Ahmad Setiadi, Senior Officer Relations Pertamina EP, dalam kesempatan itu memberikan paparan umum tentang rencana pengeboran di sumur Kasuari Emas. Sementara Agus Rusmaryanto, Asisten Manajer Drilling, memberikan paparan teknis.

"Kami akan melakukan pengeboran sebagai salah satu kegiatan eksplorasi pada Agustus 2021. Saat ini kami sedang menyiapkan lahan di lokasi," kata Pejabat  berwenang. Mobilisasi akan dimulai pada 20 Juli 2021 dan pertama kali hulu migas melakukan eksplorasi di Lamongan.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Pekerjaan eksplorasi ini akan melibatkan tenaga kerja lokal dari tiga desa, sesuai kesepakatan Kamis, 24 Juni 2021. Kebijakan pertamina ini membuat pemerintah dan warga setempat mendukung penuh rencana eksplorasi tersebut. "Karena ini merupakan proyek negara, mari kita dukung bersama-sama," kata Kepala Desa Canggah Mulyono.

Hal serupa diungkapkan Camat Sarirejo Harsono. "Kami berharap kegiatan eksplorasi ini berhasil sehingga membawa dampak baik bagi masyarakat lamongan," katanya.

Sebelumnya, pekan lalu, Deddy Syam, General Manager Zona 11 Regional 4 Indonesia Timur Subholding Upstream Pertamina menyatakan bahwa kegiatan Kasuari Emas merupakan komitmen Pertamina dalam upayanya untuk terus melakukan kegiatan eksplorasi untuk mendukung target Produksi Nasional. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

“Semoga kegiatan eksplorasi ini membuahkan hasil yang bagus, menemukan cadangan yang memenuhi syarat untuk dieksploitasi sehingga Pertamina bisa berkelanjutan beroperasi untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia,” harapnya. jir

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU