Sebulan Bergerak, Lantamal V Suntikan 25 Ribu Dosis Vaksin ke Masyarakat

Proses penyuntikan vaksin kepada masyarakat yang dilakukan tenaga medis dari Rumkital dr. Oepomo. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebanyak 25 ribu dosis vaksin yang telah disuntikan kepada masyarakat melalui Program seruan vaksin yang digalakan oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V sejak awal Juli 2021 lalu.

Adapun masyarakat yang menerima vaksin tersebut berada di wilayah kerja Lantamal V baik di Surabaya, Tegal hingga Denpasar, Bali.

"Jajaran kami terus menerus menggelar serbuan vaksinasi guna mendukung program pemerintah 1 juta vaksinasi per hari," kata Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi dalam keterangan resminya yang diterima Surabaya Pagi, Senin (26/07/2021).

Terkait pelaksanaan vaksinasi di Surabaya, Lantamal V bekerjasama dengan Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Oepomo khususnya dalam penyediaan dosis vaksin serta tenaga kesehatan.

"Kami mengerahkan 40 personel tenaga kesehatan dari Rumah Sakit dr. Oepomo serta Dinas Kesehatan Lantamal V, dengan target pemberian 500 vaksinasi covid-19 per hari," katanya.

Mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan baik logistik maupun finansial di masa pandemi covid-19, Lantamal V juga melakukan pembagian sembako khususnya bagi para lansia yang berusia 56 tahun ke atas.

"Bantuan ini didistribusikan guna meringankan beban masyarakat di masa pandemi seperti saat ini," tutupnya.

Selain vaksinasi gratis, pihak Lantamal V juga menyediakan satu unit mobil dengan fasilitas Polymerase Chain Reaction (PCR).

Kendaraan yang disebut sebagai Fast Laboratorium dan PCR Mobile ini dianggap dapat mempercepat tracing virus Covid-19. Sekaligus menjadi upaya jemput bola dari Lantamal V, tanpa menunggu masyarakat mengunjungi rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan Covid-19. sem