Secara Virtual, Bupati dan Forkopimda Jombang Ikuti Upacara HUT RI ke-75

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Agu 2020 19:08 WIB

Secara Virtual, Bupati dan Forkopimda Jombang Ikuti Upacara HUT RI ke-75

i

Bupati dan Forkopimda Jombang saat ikuti detik-detik proklamasi di Pendopo Kabupaten Jombang. SP/M. Yusuf

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Pemerintah Kabupaten Jombang mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 dari Istana Merdeka Jakarta secara virtual pada Senin, (17/8/2020) pagi.

Bupati Jombang bersama forkopimda, anggota DPR RI Ema Umiyatul Chusna, para pejabat di lingkup Pemkab Jombang, para pejuang perintis kemerdekaan  veteran pembela kemerdekaan, tokoh agama dan tokoh masyarakat, juga mengikuti upacara tersebut di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

Meski upacara ditengah pandemic covid 19 ini dilaksanakan dengan sederhana dengan undangan terbatas dan secara virtual, namun suasana tersebut tidak mengurangii kekhidmatan dan semarak agenda HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab menuturkan, pihaknya memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga besar veteran dan pejuang perintis serta pembela kemerdekaan di Kabupaten Jombang.

"Semoga semangat perjuangan dan pengabdian yang telah beliau tunjukkan mendapatkan rido Tuhan dan tetap sebagai acuan dan teladan kita semua dalam rangka meneruskan cita-cita luhur dan mulia," tuturnya, dalam sambutannya, Senin (17/8/2020).

Mundjidah menerangkan, bahwa pandemi Covid-19 telah mengharuskan menggelar peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 ini dengan cara yang tidak biasa. Pemerintah mengumumkan upacara dilakukan secara terbatas dan digelar secara daring.

"Hal ini mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, sehingga acara yang bersifat fisik mesti dibatasi. Meskipun semua acara peringatan HUT RI diselenggarakan secara sederhana, kami berharap tetap bisa dirasakan kehikmatannya, kemeriahannya dan pesan-pesan tentang patriotisme dari pendahulu-pendahulu kita yang telah berjuang menegakkan kemerdekaan," terangnya.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Jombang juga secara simbolis menyerahkan tali asih kepada veteran pejuang kemerdekaan, sekaligus launching Gebrak Masker yang ditandai secara simbolis kepada perwakilan organsisasi seperti PKK, Fatayat, PC NU, IKAPTK, dan KNPI, untuk diteruskan sosialisasi penggunaan masker secara massif ditengah pandemi Covid-19.

Bupati Jombang menegaskan, sebagai ungkapan terima kasih, Pemkab Jombang akan memberikan tali asih kepada veteran. Meskipun nilai yang diberikan tidak sepadan dengan apa yang telah diperjuangkan dan pengorbanan kepada bangsa dan negara.

"Namun ini adalah bentuk kecintaan kami selaku generasi muda kepada para pejuang yang telah mempertaruhkan segala-galanya, sehingga bangsa kita berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945," tegasnya.

Total anggaran untuk tali asih diberikan kepada 259 veteran sebesar Rp.155.400.000. Dan masing-masing veteran mendapat Rp 600.000, diberkan secara simbolis kepada 10 veteran .  

Baca Juga: Dinas PUPR Jombang Tambal Jalan Berlubang

Untuk itu, Mundjidah mengajak kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Jombang untuk membangun dan membangkitkan kesadaran spirit nasionalisme, serta cinta pada daerah ini. Terus jaga dan jalin kerjasama, bangun rasa persaudaraan dan kerukunan yang mengutamakan kepentingan masyarakat luas diatas kepentingan pribadi dan golongan.

"Saling menghormati dan menghargai keanekaragaman, dalam kerangka semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang menjadi modal untuk pembangunan serta tetap menjaga tegaknya kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya.

Usai melaksanakan upacara bendera dengan peserta terbatas di lapangan Pemkab Jombang, dilanjutkan dengan ziarah tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Pulo Sampurno, makam pahlawan Nasional KH. Wahab Hasbulloh, ke komplek makam Tebuireng, KH. Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurahman Wahid.Suf

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU