Sedang Cuti, Shin Tae Yong Temui Jokowi dan Erick Thohir di Korea Selatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 29 Jul 2022 12:03 WIB

Sedang Cuti, Shin Tae Yong Temui Jokowi dan Erick Thohir di Korea Selatan

i

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong saat bertemu Jokowi dan Erick Thohir di Korea Selatan, Kamis (28/07/2022). (Foto: instagram @/erickthohir)

SURABAYAPAGI.COM, Korea Selatan – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri BUMN Erick Thohir di Korea Selatan. Momentum itu berlangsung selepas acara jamuan makan malam bersama Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, Kamis (28/7/2022).

Shin Tae-yong saat ini memang sedang berada di Korea Selatan. Ia diberi jatah cuti selama kurang lebih satu bulan oleh PSSI usai kesibukannya bersama tim nasional. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa Shin Tae-yong meminta waktu istirahat seusai menjalani agenda padat bersama timnas Indonesia.

Baca Juga: Peran Shin Tae Yong Bangun Team Work

 “Hampir sebulan dia (Shin Tae-yong) minta waktu istirahat. Cuti tahun ini dihabiskan. Biar pun dia cuti, Shin Tae-yong tetap ada tatapan virtual dengan kami,” tutur Iriawan.

Jamuan makan malam itu merupakan salah satu kegiatan kunjungan kenegaraan Jokowi ke Korea Selatan. Adapun Presiden Indonesia Joko Widodo saat itu tengah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan, Yoon Suk-yeol dimana fokus kunjungan ini adalah peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya perdagangan dan investasi. Jokowi sedang melakukan kunjungan kenegaraan ke Asia Timur setelah sebelumnya sempat mengunjungi China dan Jepang. Jokowi juga ditemani Ibu Negara Iriana dalam kunjungan tersebut.

Selain petinggi kedua negara dan pengusaha, tokoh olahraga Korea Selatan juga hadir di jamuan makan malam tersebut. Dikutip dari media Korea Selatan, selain Shin Tae Yong, Han Kyung dan mantan pebulutangkis Lee Yong Dae turut hadir dalam makan malam bersama Presiden Jokowi.

Melalui akun Instagram miliknya @erickthohir, Erick Tohir mengunggah foto bersama Shin Tae Yong dan  Jokowi, Kamis (28/7/2022).

"Saat menghadiri jamuan makan malam dari Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol, saya dan Bapak Presiden Jokowi mengabadikan momen bersama Shin Tae Yong," tulis Erick di akun instagramnya.

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

Erick Thohir mengaku senang bisa bersua secara langsung dengan pelatih timnas Indonesia. Menurut Erick Thohir, Shin Tae-yong mempunyai andil besar dalam kemajuan sepak bola Indonesia.

 “Pelatih asal Korea Selatan yang mempunyai andil besar atas kemajuan timnas sepak bola Indonesia,” katanya.

“Terima kasih atas makan malamnya Bapak Presiden Yoon Suk-yeol,” ucap Erick Thohir menambahkan.

Baca Juga: Kantor BUMN Pindah ke IKN, Erick Thohir Cari Investor Kelola Aset Gedung di Jakarta

Shin Tae Yong mampu merebut hati suporter Timnas Indonesia setelah menjadi pelatih timnas senior, U-23 dan U-19. Sementara Lee Yong Dae merupakan mantan pemain ganda putra bulutangkis Korea Selatan yang populer di kalangan badminton lovers Indonesia.

Shin dijadwalkan kembali ke Indonesia pada pertengahan Agustus 2022. Berbagai agenda bersama tim nasional sudah menanti di depan. Salah satunya adalah FIFA Matchday, Piala AFF 2022, Piala Dunia U-20 2023, dan Piala Asia 2023. Tentu setelah ini pelatih 52 tahun itu bakalan sibuk dengan tim nasional.

Meski belum memberikan gelar juara untuk pencinta sepakbola Tanah Air, Shin Tae-yong mampu meningkatkan permainan Timnas Indonesia. Selain permainan, mental Timnas Indonesia pun menjadi lebih kuat di bawah asuhan Shin Tae-yong. Shin Tae-yong diharapkan mampu memimpin Timnas Indonesia mengukir prestasi tertinggi pada beberapa agenda selanjutnya. Target paling realistis untuk Shin Tae-yong saat ini adalah juara Piala AFF 2022. kr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU