Sejarah Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro di Kota Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 10 Mei 2021 08:58 WIB

Sejarah Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro di Kota Surabaya

i

Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro di Sudut Kota Surabaya. SP/ Patyrick Cahyo

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kota Surabaya menyimpan berbagai sejarah yang jarang dilirik oleh masyarakat khususnya di sudut kota yang jauh dari keramaian, Surabaya Historical Comunity mencoba untuk menelusuri Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro yang berlokasi di Pedukuhan Sidorejo, Karang Ploso, Desa Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, Kodya Surabaya.

Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro merupakan salah satu makam dari salah satu kerabat Sawunggaling. Tokoh penting dalam sejarah Kota Surabaya.

Baca Juga: DSDABM Kota Surabaya Akan Segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

Menurut masyarakat setempat, Eyang Suci Gusti Wongso Negoro merupakan bangsawan yang bersal dari Mentaok Jawa Tengah dan cikal bakal (yang babat alas) Desa Bangkingan.

"Ketika datang ke Karisidenan Surabaya usia beliau masih sangat muda. Mempunyai jabatan seorang pangeran, otomatis karena seorang pangeran datang kesini maka memiliki maksud tertentu," terang Pemerhati Sejarah dari Surabaya Historical Comunity, Nur Setyawan, Senin (10/5/2021)

"Tetapi misi ini tidak kami ketahui, karena ketika kami mencoba mencari tahu melalui juru kunci, para beliau tidak menjawab," sambungnya.

Makan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro terdiri dari jirat dan nisan, terlihat juga selambu yang disanggah di empat pilar.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

Selambu ini berfungsi sebagai penutup makan agar tidak kotor, dan dibagian nisan juga tertutup kain putih yang menunjukkan bahwa makan masih dianggap keramat.

Menurutnya, kisah-kisah menarik dari para tokoh penting dalam perkembangan Kota Surabaya harus tetap dilestarikan. Sebab, jika membahas Kota Surabaya, Nur Setyawan mengatakan, bahwa sebetulnya tidak hanya difokuskan pada Kota Metropolis.

Karena dalam kenyataannya, masih ada kisah menarik di sudut Kota Surabaya, sepeti makam sakral yang berada di Pedukuhan Sidorejo, Karang Ploso, Desa Bangkingan, Kecamatan Lakarsantri, Kota Surabaya.

Baca Juga: DPMPTSP Kota Surabaya Target Capaian Investasi 2024 Rp40 T

"Kisah menarik ini memang harus kita lestarikan. Tujuannya memang mengeksplore wilayah bagian Surabaya Barat. Karena kalau membahas Surabaya pasti identik dengan jatung kota, ternyata saat menuju sudut, Surabaya punya desa dan masih ada kisah keramat dari tokoh-tokoh yang membentuk Surabaya," tandasnya.

Usai mengunjunjungi Pesarehan Eyang Suci Gusti Wongso Negoro, rombongan bergetak menuju Situs Punden Sumur Bumi, Situs Raden Fatha, Situs Punden Watu Lawang, dan Waduk Banyu Mumbul. Pa

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU