Sejumlah Warung Terendam Air Rob

Sejumlah warung tampak terendam air rob pada Selasa (20.00) malam.

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Banjir rob menerjang sejumlah warung yang ada di sepanjang Pantai Tambakrejo Blitar Selasa (25/5) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, pengelola pantai melarang pengunjung untuk mendekati bibir pantai sampai kondisi dinyatakan kondusif.

Air dilaporkan mulai surut sekitar pukul 09.45 WIB. Warga yang mengetahui air telah surut kemudian bergotong royong membersihkan air bersama-sama.

"Semalam itu ketinggian gelombang sampai 9 meter. Air naik sampai warung, sampai jalan tapi pagi sudah surut. Selesai bersih-bersih warung tetap buka," kata Suyono warga sekitar, Rabu (26/5/2021).

Meski banyak informasi naiknya air laut ke daratan, namun tidak menyurutkan kedatangan wisatawan ke Pantai Tambakrejo. Hingga pukul 13.00 WIB, menurut Yono kedatangan pengunjung semakin ramai. Selain menikmati pemandangan pantai, wisatawan juga banyak yang berminat belanja ikan segar di sekitar Pelabuhan Tambakrejo.

Pengawasan dan penjagaan dilakukan TNI-Polri dan pengelola kawasan pantai. Sebab meski kondisi air surut, namun gelombang tinggi masih di atas 5 meter. Petugas melarang semua pengunjung mendekati bibir pantai dan bermain air.

"Nanti jam 2- 3 sore biasanya mulai pasang lagi. Kami siap-siap nanti malam kan puncaknya gerhana. Biasanya air pasang makin tinggi. Dan naiknya air bisa menyentuh permukiman yang berjarak 200 meter dari bibir pantai," pungkasnya.