Selamatkan Persela, Perbaikan Menyeluruh Sangat Dinantikan

Manager Persela Edi Yunan Achmadi saat menjelaskan ke suporter atas 6 tuntutan yang disampaikan LA Mania. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Desakan untuk segera melakukan perbaikan secara menyeluruh, baik tim Persela dan manajemen terus disuarakan oleh kelompok suporter LA-Mania, menyusul hasil jeblok 4 kali kalah beruntun yang dialami oleh Persela Lamongan dalam lanjutan BRI Liga 1.

Desakan ratusan suporter itu disuarakan dalam aksi demo damai di depan Kantor Sekretariat Persela, Rabu (1/12/2021), dengan mengambil start dari Kantor LA-Mania di Jalan Lamongrejo, dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian Polres setempat.

 

Dalam orasinya LA Mania meminta 6 poin tuntutan kepada manajemen, atas hasil buruk yang dialami oleh tim Laskar Joko Tingkir sebutan tim Persela Lamongan dalam BRI Liga 1. Bahkan saat ini tim kebanggaan arek-arek Lamongan terancam di zona degradasi, dan terancam turun tahta ke Liga 2 kalau tidak ada perbaikan secara menyeluruh mulai sekarang.

Ke enam tuntutan itu diantaranya evaluasi kinerja manajemen, transparansi manajemen, sinergitas manajemen dan LA Mania, sikap Persela terhadap mafia bola, pertanggungjawaban manajemen dalam perekrutan pemain, dan mempertahankan pemain, serta meminta adanya penyegaran kepengurusan manajemen Persela.

"Main kalah apalagi kalah sampai 4 kali berturut-turut adalah tamparan buat manajemen, bahwa tim Persela perlu ada pembenahan secara menyeluruh, baik mental kualitas bermain serta tanggung jawab pemain dan offisial," kata Yoyok salah satu perwakilan Suporter dalam orasinya di atas mobil pickup yang membawa lengkap sound sistemnya.

Kalau tidak dibenahi, tentu ancaman Persela bakal turun tahta ke Liga 2 bukan isapan jempol. Agar ancaman itu tidak terjadi, kiranya saat ini manajemen harus bertindak dengan sigap dan cepat menyelamatkan tim Persela, dengan melakukan perbaikan secara menyeluruh. "Kami datang ke sini agar manajemen sepakat dengan kami untuk melakukan langkah konkret menyelamatkan tim dengan mengamini 6 tuntutan kami," akunya.

Nugroho ketua LA Mania kepada wartawan menyebutkan, apa yang dilakukan oleh suporter dengan aksi turun jalan ini adalah sebagai bentuk kecintaan tim Persela. Tim Persela adalah sudah menjadi icon bagi warga Lamongan. "Kalau saat ini tim Persela tengah menghadapi problem besar setiap laga selalu kalah berarti ada yang perlu diperbaiki, dan manajemen harus bertindak cepat untuk menyelamatkan nya," pinta Nugroho dengan berapi-api.

Ia lalu menyampaikan 6 tuntutan suporter LA-Mania agar ditindaklanjuti oleh manajemen, saat perwakilan suporter diterima oleh Manager Persela Yunan Achmadi di Guest House Pendopo Lokatantra Lamongan. "Tadi sudah saya sampaikan 6 tuntutan suporter demi eksistensi Persela Lamongan di kancah Liga 1, dan enam tuntutan tadi disambut baik oleh manajemen," ungkap Nugroho.

Menyikapi hal tersebut, Manajer Persela Lamongan, Edi Yunan Achmadi menuturkan, pihaknya menyambut baik atas masukan yang telah diberikan oleh LA Mania kepada manajemen. “Saya yakin, bahwa semuanya yang kumpul di sini memiliki keinginan yang sama, yakni bagaimana Persela bisa tambah maju dan kembali berjaya. Maka, tentu kami menyambut baik masukan-masukan tersebut,” tutur Yunan.

Dari hasil diskusi yang dilakukan manajemen dengan perwakilan LA Mania ini, Yunan mengaku, jika pihaknya berkomitmen akan melakukan sejumlah evaluasi, pembenahan, transparan, serta meningkatkan sinergitas antara pihak manajemen dengan LA Mania.

“Terkait sikap manajemen Persela terhadap mafia bola, kami bersama klub-klub yang lain telah sepakat untuk memberantasnya, juga meminta kepada komite wasit untuk bersikap tegas kepada wasit yang secara jelas melakukan pelanggaran, termasuk kepada PSSI agar diterapkannya VAR dalam sepak bola Indonesia,” terangnya.

 

Lebih lanjut soal rekrutmen pemain, Yunan menjelaskan, hal itu akan dikomunikasikan lebih mendalam dengan pelatih yang menangani Persela nantinya, serta akan mendengarkan aspirasi dari LA mania tentang siapa yang pantas dilibatkan dalam jajaran manajemen.

“Soal pemain, nanti akan kita pertimbangkan lagi dengan pelatih. Saat ini memang kami sedang menyeleksi beberapa nama pelatih yang cocok sebagai pengganti Iwan. Semoga kedepan Persela bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sekadar diketahui, saat ini Persela berada di peringkat 15 dalam klasemen sementara BRI Liga 1, yang mengantongi 12 poin dari 14 laga yang dilakoninya, yakni 3 kali menang, 3 kali seri, dan 8 kali kalah. jir