Selingkuh dengan Rifa, Menteri AH Sebut Istrinya sebagai Tetangga

Rifa Handayani (kiri) diwawancarai Hersubeno (kanan).

Wawancara gaya ungguhan  Hersubeno Arief pemilik channel YouTube Hersubeno Point, menarik di transkrip media cetak Surabaya Pagi. Wawancara dugaan skandal hubungan asmara antara seorang wanita bernama Rifa Handayani dengan AH, kader pertai Golkar yang kini menjadi Ketua Umumnya sekaligus seorang menteri pemerintahan presiden Jokowi.

Wanita yang mengaku istri orang Indonesia yang sudah menjadi warga negara Jepang lebih 35 tahun ini bernuansa membongkar skandal asmara usai mendapat ancaman alias teror di jejaring media sosial. Selain menjabat sebagai menteri, AH juga menjabat sebagai Ketua Umum sebuah partai politik.

Karenanya, harian Surabaya Pagi, mengkutip wawancara Rifa Handayani dan Hersubeno Arief di Kanal YouTube, Hersubeno Point. Wawancara ini ada mimik Riffa. Ada intonasi dan gestur wanita berhijab. Gestur dan intonasi suaranya tampak alami dan tidak dibuat-buat. Tulisan ini sebuah wawancara yang menggunakan  elektronika. Berikut wawancaranya:

 

----_

 

Rifa Handayani akhirnya blak-blakan mengungkap borok Menteri AH yang ketahuan selingkuh dengannya. Setelah ketahuan dan diinterogasi oleh suami Rifa, AH ngaku salah sampai nangis meminta untuk tidak dibuat panjang urusan perselingkuhan itu. Suami Rifa nggak peduli Menteri AH nangis ngemis minta tolong damai saja.

Rifa menceritakan, interogasi suaminya itu sampai membuat AH bingung kayak mau nangis-nangis.

Rifa Handayani menceritakan persoalan skandal hubungannya dengan Menteri AH yang kini menjadi menteri utama di Kabinet Jokowi lho. Jadi Rifa ini bersama suaminya tinggal di Jepang sejak 2009, namun sebulan sekali pergi ke Jakarta karena ada urusan bisnis di Ibu Kota.

Rifa mengaku kenal AH di sebuah konser Internasional di Ancol, Jakarta, pada akhir 2012. “Setelah perkenalan itu, kita akhirnya menjalin komunikasi dan berhubungan khusus hingga tahun 2013,” katanya.

 

 Diteror Istri AH

Kemudian, dia mengungkapkan kronologinya diteror  istri AH.

Awal mulanya, Rifa Handayani kaget tiba-tiba mendapatkan teror dari nomor AH. Saat itu medio 2013 terjadinya teror. Teror itu kemudian berlanjut dengan ancaman lewat WA dan pesan teks gitu.

Rifa yang mendapatkan teror terus terusan itu jadinya nggak bisa tidur. Dia memikirkan bagaimana nanti kalau suaminya tahu perselingkuhannya dengan AH.

Belakangan ternyata yang pakai nomor untuk menerornya adalah istri AH. Namun AH ngakunya ke Rifa itu adalah tetangganya. Karena tidak nyaman, akhirnya dia blokir kontak BlackBerry Messenger AH.

Namun pagi harinya, AH meng-invite kontak BBM Rifa lagi. Akhirnya diterimalah invite itu.

“Saya tanya ke AH, itu ada apa (teror ke saya). AH bilangnya tolong jangan dijawab (teror itu). Tolong itu jangan dilayanin. Saya tanya itu siapa? Itu tetangga saya, tapi saya tahu AH itu sebut istrinya dengan sebutan tetangga,” katanya dalam wawancara di Youtube Hersubeno Arief Point, Minggu (19/12/2021)

Ternyata setelah AH kontak Rifa, teror dari nomor istri AH itu nggak berhenti. Malah makin menjadi-jadi, terus menerornya, bukan cuma di WA tapi juga teror ke akun media sosial Path milik Rifa.

 

 

 

Ngaku ke Suami

Setelah dua bulan diteror terus dan menyembunyikan masalah ini dari suaminya, akhirnya Rifa membuka rahasianya perselingkuhan dengan AH ke suami.

Rifa memutuskan buka suara karena dia nggak nyaman terus menerus diteror. Rifa takut dia benar-benar dibunuh oleh orang-orang suruhan AH. Momen Rifa mengungkapkan perselingkuhannya itu itu terjadi saat Rifa dan suaminya urus bisnis ke Jakarta.

Usai Rifa jujur mengungkapkan perselingkuhan dengan AH dan menunjukkan buktinya, suami Rifa naik darah betul.

“Dia shock baca DM. Dia bilang ini kriminal, ini jahat banget,” jelasnya.

Nah Rifa mengatakan suaminya nggak puas dengan pengakuan dari istrinya itu. Maka dia minta bisa kontak langsung dengan AH. Rifa aslinya masih pasang badan supaya suaminya nggak makin mengorek dan mengakses AH. Tapi ngotot banget.

Akhirnya suami Rifa itu kontak telepon AH, tapi tak direspons.

“Akhirnya kirim surat buat AH, lewat Ketua Umum Partai Golkar saat itu. Intinya surat itu, suami saya butuh kejelasan ada apa ini, istri saya mau dimatiin mau diancam kok saya tidak tahu,” kata Rifa menceritakan respons suaminya itu.

 

 

 

Minta Maaf

Setelah surat terkirim, belakangan AH telepon memohon maaf atas skandal perselingkuhan ini kepada suami Rifa. Dalam perbincangan telepon itu, suami Rifa mengorek-ngorek kenapa sikap AH kepada istrinya begitu.

“Tolong dijelaskan dulu, suami saya itu mau tahu duduk masalahnya. Dia tanya ke AH, apa betul istri saya menggoda Anda? Dijawab enggak pak. Kenapa istri saya dihina, kan istri saya dikejar-kejar kamu. Terus ancamannya kok sampai kriminal, maksudnya apa ini?” ujar Rifa menceritakan perbincangan suaminya dengan AH kala itu.

Rifa mengatakan dalam percakapan itu, AH nggak berkutik untuk mengelak karena suaminya terus menginterogasi AH.

“AH di percakapan itu mau nangis banget, dia bilang saya minta maaf pak. Ancaman itu emosional saja, saat itu ada emosi yang lepas,” ujar Rifa menderitakan momen Menteri AH nangis kala itu.

Dalam perbincangan itu, Rifa mengatakan AH nggak bisa mengelak, dialah yang memulai agresif dalam hubungan perselingkuhan tersebut. Suami Rifa sampai naik pitam namun terkendali.

“Suami saya tanya yang minta dan telepon (istrinya) siapa. Si Ah bingung kayak mau nangis, suami saya bilang banci Anda! Saya mau baik-baik mau minta penjelasan,” katanya.

AH mengakui itu semua. Akhirnya suami Rifa mikir biar obyektif, dia meminta AH menulis surat pernyataan yang menyatakan AH lah yang ngejar-ngejar Rifa. Suami Rifa minta dalam surat itu ditandatangani oleh AH, istri AH dan Ketua Umum Partai Golkar saat itu.

Mengapa suami Rifa menuntut hal ini, dalihnya supaya harga diri dia dan istrinya tidak diinjak-injak.

“AH minder oke pak bilang gitu, tapi terus ngemis damai saja ya pak. Suami saya nggak mau, pokoknya tulis surat. AH bilang iya pak pokoknya urusan ini jangan sampai dimanfaatkan oleh pihak lain,” ujarnya. you/rl