Sempat Bela Indonesia, Kini Pindah ke Azerbaijan

Ade Resky Dwicahyo, pebulu tangkis yang bela Azerbaijan. SP/ Badminton Europe

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Cabang olahraga bulutangkis yang dipertandingkan pada 24 Juli-2 Agustus 2021 membuat banyak teka-teki. Salah satunya pebulu tangkis kelahiran Indonesia, Ade Resky Dwicahyo, meski lahir dan besar di Indonesia, pebulu tangkis yang satu ini justru membela Azerbaijan di Olimpiade Tokyo 2020.

Sempat membela Timnas Bulu tangkis Indonesia, kini Ade Resky Dwicahyo mendapat proposal untuk membela Azerbaijan pada 2017. Dirinya melihat dirinya lebih berpeluang berprestasi dengan membela Azerbaijan.

“Ketika menerima proposal dari Azerbaijan, saya merasa punya peluang lebih besar untuk berkarier di level dunia dan tampil di Olimpiade,” kata Ade Resky Dwicahyo, Minggu (25/7/2021).

Akhirnya, mimpi Ade Resky Dwicahyo tampil di Olimpiade akhirnya kesampaian. Ia menduduki posisi 69 race to Tokyo dan berhak mentas di nomor tunggal putra Olimpiade Tokyo 2020.

Ade merupakan pebulutangkis kelahiran Kendari, 13 Mei 1998. Pria 23 tahun ini  sempat membela Indonesia di dua turnamen beregu yakni Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2016 lalu.

Hanya saja, di turnamen Kejuaraan Asia Junior 2016, Skuad Bulutangkis Indonesia yang diperkuat Ade kalah di perempatfinal dari tim Korea Selatan sehingga tak mendapatkan medali apapun.

Begitu juga di Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2016, skuad Indonesia juga gagal meraih medali setelah terhenti di babak perempatfinal dan tak berhasil melaju ke babak semifinal.

Dua turnamen tersebut menjadi turnamen terakhir pebulutangkis Ade bersama Indonesia, karena setelah itu ia memilih membela tim Azerbaijan.

Namun, Ade Resky Dwicahyo sempat menembus pelatnas PBSI Junior. Ia pun sempat tampil di Kejuaraan Junior Asia dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada 2016, namun gagal mempersembahkan gelar.

Setelah itu, Ade Resky Dwicahyo merasa kesulitan menembus skuad utama Pelatnas PBSI. Alhasil, pada 2017 Ade Resky Dwicahyo pindah ke Azerbaijan dan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Ade Resky Dwicahyo tergabung di Grup L bersama Anders Antonsen (Denmark) dan Nguyen Tien Minh (Vietnam). Di laga pertama, Ade Resky Dwicahyo akan menghadapi Nguyen Tien Minh pada Selasa 27 Juli 2021 pukul 18.00 WIB. Dsy14