Sempat Diragukan, Polisi Beberkan Hasil Tes DNA Bercak Darah Venna Melinda

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Jan 2023 12:08 WIB

Sempat Diragukan, Polisi Beberkan Hasil Tes DNA Bercak Darah Venna Melinda

i

Venna Melinda. Foto: instagram @vennamelindareal.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan kasus KDRT yang menimpa Venna Melinda. Venna Melinda sempat membeberkan salah satu bukti kuat atas apa yang menimpanya saat berada di sebuah hotel di Kediri, Jawa Timur yakni foto wajah miliknya yang didapati cucuran darah.

Diketahui, ibunda Verrel Bramasta dan Athalla Naufal itu mengalami patah hidung hingga pendarahan. Bahkan, tampak dalam foto, darah tersebut juga ikut terciprat ke baju Venna.

Baca Juga: Santer Dikabarkan Pengangguran, Ferry Irawan Pamer Pekerjaan Baru dan Ikut Pilkada

Sayangnya, bukti KDRT tersebut sempat diduga oleh beberapa pihak merupakan rekayasa. Ada juga yang meragukan jika bercak darah tersebut merupakan darah lama yang sudah terjadi beberapa waktu lalu. Banyaknya orang yang ragu dengan keaslian hal tersebut akhirnya membuat pihak kepolisian angkat bicara memberikan penjelasan.

Pihak berwajib pun melakukan pemeriksaan secara teliti, yaitu dengan pemeriksaan DNA. Darah yang berceceran di lantai diperiksa dan dicocokkan dengan milik ibu Verrel Bramasta itu. Polisi pun menemukan kecocokan DNA antara keduanya.

Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim Kombes Sodiq Pratomo menyatakan hasil uji laboratorium forensik atas sampel darah yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) kasus dugaan KDRT yang melibatkan Ferry Irawan dan Venna Melinda menunjukkan benar jika darah tersebut memang identik dengan Venna Melinda.

"Bidlapfor Polda Jatim menerima barang bukti dari Ditreskrimum Polda Jatim. Ada lima barang bukti. Dua adalah darah pembanding dari saudari Venna Melinda, kemudian ada tiga barang bukti yang diperiksa," kata Sodiq saat jumpa pers, Jumat (20/1/2023).

Hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkam fakta benar identik dengan darah yang dimiliki oleh Venna Melinda.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

"Setelah dilakukan pemeriksaan pertama adalah pemeriksaan apakah itu darah manusia atau bukan, dan hasil pemeriksaannya seluruhnya merupakan darah manusia," ujarnya.

"Untuk memastikan apakah itu betul darahnya saudari Venna Melinda, maka dilakukan pemeriksaan DNA dan hasilnya ketiga barang bukti itu identik atau match dengan darah saudara Venna Melinda. Jadi barang buktinya memang darah dari saudari Venna Melinda," terangnya.

Sementara itu, pihak kepolisian juga turut memeriksa beberapa barang bukti lain dari kasus KDRT tersebut. satu sobekan kain dari kaos coklat, satu handuk putih dan darah yang ditemukan di lantai.

“Ketika barang bukti tersebut diperiksa, seluruhnya cocok dengan barang saudara Venna Melinda,"

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

Sebagaimana diketahui, kasus dugaan KDRT ini dilakukan oleh sang suami, Ferry Irawan. Venna pun melakukan laporan ke polisi.

 Kabar terbaru, Ferry Irawan dinaikkan statusnya sebagai tersangka kasus KDRT sejak tanggal 16 Januari 2023 lalu. Ia bahkan telah ditahan di Polda Jatim terkait kasus tersebut.

Meski demikian, Ferry Irawan membantah telah melakukan tindak kekerasan pada istrinya. Ferry Irawan saat ini dijerat dengan pasal 44 dan 45 UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang KDRT dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU