Sempat Tak Digaji, Oksa Sukses Bangun Bisnis Jasa Arsitek

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 10:02 WIB

Sempat Tak Digaji, Oksa Sukses Bangun Bisnis Jasa Arsitek

i

Oki Saputra. SP/ BGR

SURABAYAPAGI.com, Bogor - Oki Saputra yang biasa disapa Oksa merupakan pengusaha di bidang jasa arsitek mulai membangun perusahaannya dengan modal Rp 30 juta. PT Manda Tama Oksa dibangun dengan menempati lahan sewa, tepatnya berada di Jalan Rawakalong, Bogor, Jawa Barat.

Oksa mengaku saat bisnis berjalan di tengah pandemi, perusahaannya sempat kolaps. "Gue buka bisnis ini tahun 2020, yang mana pandemi masih berlangsung.

Baca Juga: Apindo Sebut 1 Juta Pekerja Kena PHK pada 2022

Beberapa bulan awal saat mendirikan perusahaan barunya, Oki Saputra mendaptkan banyak halangan dan menuturkan bahwa dirinya sempat tidak mendapat gaji dari hasil usahanya.

Sebab, meski sebagai pendiri sekaligus owner, Oksa tetap digaji oleh perusahaan. "Gue di sini jadi enggak seenaknya, kan. Nah, waktu sulit kemarin, gue nggak terima gaji, karena buat karyawan yang lain," jelasnya.

Baca Juga: Gapmmi Optimistis Industri Mamin Siap Hadapi Berbagai Guncangan di 2023

Dalam bisnis tersebut, Oksa mempunyai karyawan lebih dari 20 orang, yang mana terbagi dalam beberapa kelompok. Saat masa sulit, Oksa mengaku terus berinovasi dalam mencari kekurangan dari bisnisnya itu.

Meski sudah memiliki perusahaan sendiri, Oksa ternyata masih bekerja sebagai di salah satu coffee shop terkemuka di Jakarta. "Untungnya gue belum resign. Jadi, gaji gue di sana bisa dialihkan ke usaha ini," tambahnya.

Baca Juga: Pesan Kemenaker ke Pengusaha: Jadikan PHK Solusi Terakhir

Dengan usaha dan kesabaran yang lebih, Oksa akhirnya mampu mengembangkan perusahaannya sendiri. Dia bahkan memiliki tiga anak perusahaan dari PT Manda Tama Oksa, yakni OS Studio Architect, Mita Glass, dan Bangunan Sempurna. Dsy3







Editor : Redaksi

BERITA TERBARU