Sempat Tertunda, BST Pemkab Mojokerto Akhirnya Disalurkan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 12 Jun 2020 15:29 WIB

Sempat Tertunda, BST Pemkab Mojokerto Akhirnya Disalurkan

i

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi saat menyerahkan BST APBD Kabupaten Mojokerto di Pendapa Kecamatan Jatirejo, Jumat (12/6/2020). SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto -  Setelah sempat tertunda, bantuan Sosial Tunai (BST) bagi keluarga terdampak Covid-19 di Kabupaten Mojokerto akhirnya disalurkan, Jumat (12/6/2020). Bantuan yang bersumber dari pundi APBD senilai Rp. 600 ribu per bulan ini dibagikan perdana di Pendapa Kecamatan Jatirejo.

Bupati Mojokerto, Pungkasiadi mengaku sempat terjadi kendala dalam proses pencairan bantuan ini. Pasalnya, Pemkab harus melakukan cleansing agar bantuan ini tepat sasaran dan tidak ada data penerima ganda.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

"Sesuai pesan pemerintah, kita harus ekstra hati-hati dalam menyalurkan bantuan ini. Perintahnya sudah jelas, jangan sampai ada yang nerima double. Makanya kita harus cleansing dulu, agar datanya  tidak salah lagi," jelasnya.

Abah Ipung menyebut, penyaluran bantuan jenis ketiga ini berbasis dari usulan desa yang dikoordinir oleh pihak kecamatan. "Setelah proses cleansing di Dinas Sosial diperoleh data penerima BST sebanyak 16.455 KK se-Kabupaten Mojokerto. Mereka berhak menerima uang sebesar Rp. 600 ribu selama tiga bulan kedepan," ujarnya.

WhatsApp_Image_2020-06-12_at_15.28.26_(1)WhatsApp_Image_2020-06-12_at_15.28.26_(1)

Bupati menambahkan, Pemkab Mojokerto masih melakukan pendataan baru untuk BST yang bersumber dari APBD Pemprov Jawa Timur. Sampai saat ini, pihaknya masih minta masukan dari desa untuk BST jenis kedua ini.

Baca Juga: SKK Migas-PHE WMO Gelontor 1.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir Bangkalan

“Kalau memang ada saudara kita yang benar-benar membutuhkan dan berhak maka tetap kita akomodir. Monggo disampaikan lagi melalui pemerintah desa. Nanti kita akan cari formulanya, tapi kita tetap mengakomodir itu,” urainya.

Terpisah, Kepala Kantor Cabang Bank Jatim, Subeki mengatakan, persiapan Bank Jatim untuk penyaluran BTS APBD Kabupaten Mojokerto sudah seratus persen. “Data dari Dinsos yang sudah di cleansing oleh Pemkab Mojokerto yang diserahkan kepada kami, akan kita terbitkan ke penerima. Cukup dengan digital dan akan kita salurkan ke kecamatan lain,” urainya.

Sementara itu, Camat Jatirejo, Aminsun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto khususnya Bupati Mojokerto atas kehadirannya untuk menyerahkan bantuan BST APBD secara langsung pada masyarakat Kecamatan Jatirejo. “Matur suwun Pak Bupati Pungkasiadi sudah menyerahkan BST APBD di wilayah kami,” ujarnya.

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

Masih kata Camat, data kemiskinan di Kabupaten Mojokerto ada 6.274 Kepala Keluarga (KK). BSR APBD ada 1.982 KK, PKH dan BSNT 3.877, BLT Kemensos PT. Pos 1.672 KK, BSP Perluasan Covid 472 KK, BLT DD 1.843 KK, serta pengajuan BLT Covid dari provinsi masih dalam proses sebanyak 1.412 KK.

“Covid-19 telah membuat ekonomi masyarakat lesu. Mohon kerjasama saudara kepala desa agar dapat mengatasi ini. Kampung Tangguh Covid-19 kita juga akan terus berinovasi,” tuturnya. dwy

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU