Home / Peristiwa : Tragedi Kapolda Jambi Berakhir

Semua Korban Terevakuasi Dijenguk Kapolri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Feb 2023 20:41 WIB

Semua Korban Terevakuasi Dijenguk Kapolri

i

Proses evakuasi para korban helikopter rombongan Kapolda Jambi yang mendarat darurat di Hutan Kerinci, telah berhasil dilakukan.

Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono berhasil dievakuasi tim SAR gabungan melalui jalur udara sekitar pukul 16.38 WIB, Selasa (21/2). Ia dievakuasi menggunakan Helikopter Super Puma milik TNI AU.  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merasa lega,  sebab delapan penumpang helikopter yang mendarat darurat di hutan Kerinci, Jambi, telah dievakuasi semua. Mereka saat ini sedang mendapatkan perawatan.

 

Baca Juga: Mandala Shoji dan Istri Alami Kecelakaan Mobil hingga Ringsek, Tahun Ini Gagal Mudik

JAMBI, Kontributor Amran Kemas

 

"Total 8 orang yang mengalami kecelakaan, pendaratan darurat, hari ini ini semuanya bisa dievakuasi," kata Jenderal Sigit dalam jumpa pers, Selasa (21/2/2023).

Proses evakuasi kedelapan korban dilakukan oleh tim gabungan. Ada 6 helikopter yang disiagakan untuk mengevakuasi para korban.

Kapolri mengatakan saat ini kedelapan korban sedang mendapatkan penanganan lanjutan di rumah sakit (RS) maupun di posko di Kabupaten Merangin, Jambi.

"Enam sudah dibawa ke RS Bhayangkara dan 2 masih dirawat di Posko Merangin," katanya.

Kapolri juga sudah bertemu Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono. Dia mengatakan Rusdi dalam kondisi stabil.

"Saya sudah bertemu tadi dengan Kapolda Jambi yang baru saja mendarat, kondisinya masih sadar, cukup stabil, saya berbincang dengan beliau, sedang dibawa ke RS Bhayangkara," jelasnya.

 

Kapolda Jambi Sadar

"Sekarang stabilisasi kondisi beliau di Posko Merangin. Jika sudah stabil, langsung diterbangkan ke Jambi, Rumah Sakit Bhayangkara Jambi," ujar Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Prianto.

Kombes Mulia mengatakan kondisi Irjen Rusdi dalam keadaan sadar. Namun, Rusdi mengalami luka, tangan kanan patah dan mengeluhkan sakit bagian bagian punggung.

"Ada keluhan di bagian punggung. Tidak, beliau dalam keadaan sadar," ujar Mulia.

Sampai sore, sudah enam orang rombongan Kapolda Jambi yang berhasil dievakuasi lewat udara. Dua orang lain sedang dalam proses evakuasi.

 

Terhambat Cuaca dan Medan

Proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan sudah dilakukan sejak siang. Tapi terhambat cuaca dan medan terjal.Tim gabungan yang mengevakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dari hutan Kerinci, Jambi, via udara.

"Alhamdulillah Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono telah berhasil dievakuasi," keterangan Polda Jambi, Selasa (21/2/2023).

Sejak pagi, ada lima kali helikopter berputar di titik lokasi kejadian. Tapi gagal melakukan evakuasi, lantaran cuaca berkabut dan gerimis

Baca Juga: Hantam Pohon, Pengendara di Jombang Tewas

Berdasarkan informasi, Selasa (21/2/2023), tim gabungan mengevakuasi pilot helikopter AKP Ali Nurdin S Harahap.

berhasil dievakuasi melalui jalur udara dengan menggunakan helikopter.

Empat orang yang sebelumnya sudah dievakuasi ialah Direskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul, dan ADC Kapolda Jambi Briptu Muhardi Aditya.

 

Terhalang Kabut

Pada hari ketiga proses evakuasi, ada 6 helikopter yang disiagakan. Proses evakuasi sejak pagi  sempat terhalang kabut.

Dua orang yang telah dievakuasi duluan adalah kopilot dan ADC Kapolda Jambi. Proses evakuasi kedunya menggunakan helikopter jenis Bell 429 Polri.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Tabir Selatan Iptu Fajar Nugroho juga membenarkan bahwa proses evakuasi telah dilakukan. Menurutnya, proses penjemputan saat ini masih berlangsung.

"Iya ini sudah dijemput, sudah berhasil dievakuasi juga," ucapnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengerahkan personel tambahan agar Kapolda Jambi Irjen Rusdi dan para korban lainnya dapat dievakuasi dengan aman, sesegera mungkin.

Baca Juga: Diduga Rem Blong, Bus Mira Tabrak Truk Muatan Ayam dan Pikap di Jombang, 2 Orang Tewas

"Saat ini kami telah menerjunkan kembali tim tambahan untuk mempersiapkan kemungkinan kita lakukan SAR darat," jelas Sigit di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Sigit menjelaskan proses evakuasi Irjen Rusdi dan rombongan yang berada di ketinggian Hutan Kerinci membutuhkan langkah khusus. Dia menuturkan jangan sampai cedera korban bertambah karena proses evakuasi.

Karena memang butuh langkah yang khusus, supaya tidak menambah cedera. Di sisi lain juga bisa berjalan dengan baik, dan keselamatan para teman-teman kami yang saat ini luka menjadi prioritas kami," jelas mantan Kapolda Banten ini.

Empat helikopter dengan peralatan hoist disiapkan untuk membantu mengangkut rombongan Kapolda Jambi.

Hoist merupakan salah satu jenis pesawat angkat yang banyak digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal (tegak lurus).

 

Sempat Dihentikan

Proses evakuasi rombongan Kapolda Jambi sebelumnya sempat dihentikan sementara, Senin (20/2). Penghentian karena terdapat kabut tebal yang datang secara tiba-tiba saat helikopter hendak mengevakuasi.

proses evakuasi terhadap Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono cs di hutan Kerinci, Jambi, masih terkendala cuaca dan kabut. Jenderal Sigit mengatakan pihaknya lantas melakukan modifikasi cuaca agar memudahkan evakuasi.

Para korban terpaksa menginap di tenda darurat dalam kondisi terluka. Rombongan ini dijaga dan dirawat dua tim SAR yang datang dari jalur darat, serta satu tim yang datang dari jalur udara, yang totalnya sekitar 30 orang. n arm/jk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU