Semua Nelayan Kota Pasuruan Akan Diikutkan Asuransi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 05 Okt 2022 14:57 WIB

Semua Nelayan Kota Pasuruan Akan Diikutkan Asuransi

i

Nelayan di Pelabuhan Kota Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Pekerjaan nelayan penuh risiko. Namun begitu, pentingnya perlindungan terhadap risiko pekerjaan itu belum sepenuhnya dipahami. Itu terlihat dari jumlah nelayan yang mengikuti program asuransi nelayan. Di Kota Pasuruan hanya 11 persen dari seluruh nelayan yang sudah tercover asuransi.

Pemerhati nelayan Kota Pasuruan Ihsan Khoiri menyatakan, perlindungan atas risiko kecelakaan pekerjaan melaut sangat penting. Rendahnya nelayan yang terkover asuransi bisa jadi disebabkan beberapa hal. Seperti kurangnya kesadaran, kurangnya pengetahuan, dan kurangnya informasi tentang manfaat asuransi perlindungan kerja yang sudah diprogramkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Tulungagung Enggan Melaut

”Harapan kami berharap pemerintah juga melakukan upaya jemput bola untuk agar nelayan semakin paham tentang manfaat dan pentingnya pekerja nelayan ikut asuransi,” katanya.

Apalagi risiko pekerjaan nelayan dinilainya cukup tinggi. Setiap hari mereka harus menerjang ombak dan badai. Nyawa menjadi taruhannya. Sehingga jaminan asuransi menjadi penting bila terjadi risiko pekerjaan yang tidak terduga. Misalnya kecelakaan laut yang mengakibatkan kematian maupun cacat.

”Maka asuransi nelayan ini memang sangat diperlukan sebagai perlindungan terhadap mereka sendiri,” bebernya.

Baca Juga: Warga Pasuruan Tewas Terkena Ledakan Bondet

Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Mualif Arif menyampaikan, subsidi premi asuransi sebenarnya sudah digelontorkan pemerintah pusat sejak 2016 lalu. Tiap tahun pemerintah mengalokasikan kuota subsidi agar nelayan terkover asuransi. Hanya saja jumlah yang beralih ke asuransi mandiri sangat sedikit. Dari sekitar 2.070 nelayan hanya sekitar 232 nelayan yang mengikuti asuransi mandiri.

”Sementara sejak pandemi ini belum ada alokasi subsidi premi dari pusat. Sebenarnya kami juga sudah mengajukan untuk 150 nelayan tahun ini, tetapi belum bisa disetujui,” kata dia.

Baca Juga: Polresta Pasuruan Bongkar Kasus Tindak Pidana Percobaan Pencurian Indomaret

Dinasnya juga mendorong agar nelayan bersedia mengikuti program asuransi. Atau setidaknya melalui BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga setiap risiko pekerjaan yang mungkin terjadi bisa terkover dalam program itu.

Terutama untuk para juragan kapal ya kami harapkan bisa mengikutkan ABK nya dalam program asuransi nelayan,” tutupnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU