Seni Batik yang Dikembangkan SMP YPPI 1 Surabaya, Mendapat Hak Paten dari Pemerintah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 27 Jul 2022 16:54 WIB

Seni Batik yang Dikembangkan SMP YPPI 1 Surabaya, Mendapat Hak Paten dari Pemerintah

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya- Batik merupakan satu warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang patut dilestarikan, busana batik biasanya tidak sembarangan dikenakan,  oleh berbagai kalangan biasanya dikenakan pada waktu menghadiri acara – acara yang bersifat resmi. 

Batik sendiri dikenal dalam proses pembuatannya yang asli ditulis tangan, dimana proses pembuatannya itu,  bisa menghabiskan  waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Walaupun di jaman modern ini sudah banyak pembuatan kain batik dengan system stempel / cap, namun batik yang proses pembuatanya masih tradisional dan ditulis dengan tangan pengrajin secara langsung, masih memiliki nilai artistik yang lebih menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi.

SMP YPPI 1 Surabaya, adalah sekolah yang mampu melihat potensi ini, sekolah menengah Pertama ini mengadakan kegiatan entrepreneur bagi siswi yang ingin melakukan kegiatan membikin atau membatik sesuai kreatifitasnya.

Disamping upaya mengajarkan siswa siswinya untuk melestarikan budaya leluhur Bangsa, juga mengajarkan siswi untuk potensi usaha yang bisa dikembangkan di bidang batik.

Program kegiatan pembuatan seni batik ini dilakukan pada tahun 2022 sampai  tahun 2023 kedepan, namun pada saat ini pembelajaran sekolah masih fokus untuk menemukan motif – motif batik yang bagus dan punya nilai jual.

"Jadi kegiatan batik ini akan dilakukan tahun 2022 sampai tahun 2023 kedepan, untuk mengembangkan kreativitas pada anak-anak di sekolah SMP YPPI 1 Surabaya," Ungkap Titris Hariyanti Utami, selaku Kepala Sekolah.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Titris menambahkan, bahwa memilih Seni Batik ini, karena merupakan seni tradisional yang sudah lama disukai masyarakat Indonesia bahkan sampai mancanegara. di Seni Batik sendiri budaya kearifan lokal dapat terangkat dan bisa dikenal masyarakat dunia.

Tema batik di sekolah SMP YPPI 1 Surabaya diambil dari media tanaman Gedi, karena tanaman Gedi sendiri mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan kolesterol, serta memiliki kandungan antioksidan, melancarkan Haid dan masih banyak lagi manfaatnya.

Titris juga mengatakan, bahwa memilih media tanaman Gedi, dikarenakan tanaman ini  sudah lama ditanam di area sekolahan SMP YPPI 1 Surabaya mulai tahun 2019 yang lalu.

"Tanaman Gedi ini,  mudah dirawat dan di kembangkan, harganya juga murah , pengelolahannya mudah, dan daunnya banyak manfaat," kata Titris menambahkan.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Hasil lain yang bisa dimanfaatkan dari  tanaman Gedi ini, dan sudah dilakukan oleh SMP YPPI 1 Surabaya antara lain, bisa diolah seperti untuk nasi bakar Gedi, es krim Gedi dan masih banyak hasil olahan lainnya. Dalam hal ini untuk  produk yang sudah dikelola maupun motif batik yang dikembangkan oleh SMP YPPI 1 Surabaya sudah mendapatkan Hak Paten dari Pemerintah Indonesia.

Titris Hariyanti  berharap,  dengan terdaftarnya hak cipta untuk pengelolaan  tanaman Gedi ini, sesuai dengan arti Bahasa Jawanya GEDI/ Besar,   semoga murid-murid SMP YPPI 1 Surabaya juga bisa menjadi besar dan bermanfaat bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia. Sesuai dengan  cita-cita yang diinginkan.

"Semoga juga harapan kedepan batik tanaman Gedi ini bisa berkembang dan bisa diproduksi massal bersama orang yang berjiwa seni atau pengusaha batik yang ada di Indonesia," harap Tetris. min

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU