Seniman yang Kreasikan Lukisan dalam Media Keramik dan Kaca

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Mei 2021 10:45 WIB

Seniman yang Kreasikan Lukisan dalam Media Keramik dan Kaca

i

Ani Nurhaliza saat melukis karyanya pada media kaca. SP/ BLI

SURABAYAPAGI.com, Bali - Ani Nurhaliza merupakan pelukis dan illustrator muda yang menggunakan media keramik dan kaca dalam mengkreasikan lukisannya yang bernuansa dekoratif pada hunian bertemakan Bali (Balinese). Kecintaannya pada budaya Bali menjadi inspirasinya dalam menghasilkan setiap karya lukis. Termasuk membuat inovasi karya dekoratif bertema Bali.

“Saya ingin menantang diri saya sendiri bahwa melukis itu tidak hanya pada kanvas, tapi juga bisa di media lain. Saya pun mencobanya pada media keramik dan rupanya bisa,” jelasnya, Rabu (26/5/2021).

Baca Juga: Eksis Bisnis Gambar Realis Crayon Hingga Luar Daerah

Berawal dari kreasi idenya tersebut, Ani lantas memanfaatkan piring-piring polos di rumahnya, kemudian dia lukis sesuai dengan karakternya. Karena mendapat respons positif, dia pun memberanikan diri untuk mengembangkan kemampuan untuk melukis pada media keramik.

Seperti pada piring, mangkuk, dan dekoratif lain berbahan keramik. Selain menjadi media seni baru, juga dapat sebagai pilihan untuk mempermanis hunian dengan berbagai hiasan dekoratif bernuansa Bali.

Meskipun sudah tidak asing dengan seni lukis, melukis pada media keramik menjadi tantangan tersendiri baginya. Salah satunya karena media keramik yang licin menyulitkannya dalam melukis. Sebab, hanya dapat dilukis dengan teknik sekali gores sehingga tidak boleh ada kesalahan sedikit pun.

Perbedaan lain yang dirasakannya ketika melukis pada media keramik adalah karena memiliki permukaan yang licin membuat cat yang digunakan relatif cepat menyebar dan sulit untuk kering. Sehingga diperlukan proses cukup lama dibandingkan dengan melukis pada kanvas.

Baca Juga: Eksis Geluti Kerajinan Miniatur Kapal Bambu

Melihat respons dari penikmat seni yang cukup bagus membuatnya kian semangat untuk terus mengembangkan diri. Bahkan, ke depan dia ingin mencoba berbagai media lain untuk menghasilkan karya. Seperti jaket maupun tote bag.

Hal tersebut lantaran dia ingin dapat menjangkau pasar yang lebih luas. “Kalau seperti jaket nanti rencananya ingin untuk kalangan anak muda. Jadi bisa mengenalkan budaya Bali pada anak muda,” imbuhnya.

Disinggung mengenai imbas pandemi Covid-19, dirinya tak menampik wabah yang telah berlangsung selama setahun ini juga berdampak pada pekerja seni seperti dirinya. Bahkan, dia terpaksa harus membatalkan sejumlah pameran seni yang telah direncanakan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Dari Hobi Koleksi, Kini Bisnis Barang Antik dan Berseni

Namun, dia yakin dengan berbagai inovasi yang dibuatnya dirinya akan mampu bertahan melewati pandemi. “Saya rasa semua seniman dan pelaku seni merasakannya. Bisa tetap berkarya sudah lebih dari cukup untuk saat ini,” tandasnya. Dsy1

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU