Sepasang Temanten Batang Tebu Tandai Awal Musim Giling Pabrik Gula RMI

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 25 Mei 2022 18:27 WIB

Sepasang Temanten Batang Tebu Tandai Awal Musim Giling Pabrik Gula RMI

i

Temanten sepasang tebu dinikahkan awali musim giling tebu. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Suara irama gending Jawa di pelataran area Pabrik Gula PT.RMI di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar menggetarkan Suasana hening di kawasan Pabrik Gula yang luas itu.

Ternyata suara gending jawa tersebut menandai Awal musim giling Pabrik Gula dengan ritual kejawen di tandai temunya dua pasang Temanten Tebu oleh tokoh masyarakat dengan ritual kejawen.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Kegiatan yang digelar pada Rabu (26/5) pukul 10.00 itu merupakan tradisi dari Pabrik Gula PT RMI (Rejoso Manis Indo) yang dihadiri Perwakilan Forkopimda Kab.Blitar, dan ratusan undangan masyarakat sekitar PT.RMI dan 3 Kepala Desa wilayah Kec.Binangun, seperti yang disampaikan oleh Factory Manager Pabrik Gula Heri Widarmanto kepada wartawan, dalam musim giling tahun 2022 oleh PT.RMI ini pencapaian target 67 Ton hal tersebut didukung 1.1Juta Ton tebu petani.

"Jadi target kita pada musim giling untuk tahun 2022 ini pencapaian 67 Ton gula, dan perlu diketahui juga rekan rekan bahwa sekitar 1,1 Ton tebu merupakan hasil petani termasuk wilayah Kabupaten Blitar."

Masih menurut Heri Widarmanto yang didampingi Manager PT.RMI Putut Hindaruji pada wartawan, Heri menerangkan untuk randemen gula capai 8,14 sampai 8.20 persen, dan menurut pihak APTRI ( Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia) mencapai 3 juta Ton pada tahun 2022 ini.

Baca Juga: 2 Rumah di Blitar Dibobol Maling saat Ditinggal Mudik, Pelaku Terekam CCTV

Perlu diketahui kegiatan musim giling Tahun 2022, setelah ditemukan penganten Tebu oleh penari Tradisional dengan berpakaian adat Jawa

Selanjutnya secara simbolis para undangan yang terdiri dari Perwakilan Forpimda Kabupaten Blitar melemparkan potongan potongan batang tebu ke arah penggilingan, dilanjutkan oleh beberapa perwakilan dari PT.RMI.

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

"Dengan tradisional mempertemukan temanten Tebu ini diharapkan produk gula melimpah dalam musim panen tahun 2022 ini dari tahun tahun lalu, dan seterusnya secara bergiliran truk truk pengangkut tebu langsung menggelontorkan tebu tebu tersebut langsung dari Truk." Terang Putut Hindaruji.

Juga Putut menambahkan musim giling ini akan meningkatkan penghasilan petani tebu untuk meningkatkan kesejahteraan petani tebu. Les

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU