Sepuluh Toga Datangi Polres Blitar, Ada Apa?

Sepuluh tokoh agama saat mendatangi Polres Blitar. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Para tokoh Agama mendatangi Polres Blitar pada Rabu (25/8) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Ternyata kedatangan ke 10 para Tokoh Agama yang tergabung dalam FKUB Kab Blitar yang didampingi Sekretaris Bakesbangpol Kab.Blitar Julison untuk menemui Kapolres Blitar dalam rangka Silaturahmi  gelar Polres Blitar Santun ( Sinergitas, Amanah, Netral Transparan Unggul dan Nurani). 

Ke 10 tamu tersebut diterima langsung Kapolres Blitar AKBP Aditya Panji Anom S.IK didampingi Wakapolres Blitar Kompol Wiji Rahayu SH dan Dodot Weko Hardoyo SH selaku Kasat Intelpam Polres Blitar di lantai dua Polres.

Dalam penyampaian Polres Blitar Santun, dari perwakilan FKUB memaparkan, bahwa salah satu tugas FKUB adalah bersama sama dengan Pemerintah untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif, termasuk FKUB juga sosialisasi untuk  mengajak masyarakat ikut vaksinasi agar tercipta Herd Immunity di wilayah Kab Blitar, juga bahas masalah tentang  berkembangnya di masyarakat masalah Pencovidan saat masuk Rumah Sakit.

Sementara dari pihak Pemkab yang disampaikan Sekretaris Bakesbangpol Kab. Blitar, diharapkan kedepan kerja sama yang baik antara FKUB dan jajaran kepolisian untuk terus dilakukan seperti yang terdahulu, selain guna terciptanya  situasi kamtibmas yang kondusif juga terus melakukan sinergitas antara pemerintah dan ulama terus dilakukan termasuk komunikasi komunikasi seperti yang sudah sudah dengan penuh amanah bagi masyarakat.

Sementara Kyai Jais menyampaikan adanya masyarakat sudah bosan terkait Covid-19 bahkan berpotensi menimbulkan ketidakpercayaan penuh masalah covid-19, seperti kejadian di luar negeri ada kejadian yang arahnya terkait radikalisme agar hal ini diwaspadai kita semua.

Sedang dari Pendeta Sabar Sitompul mengungkapkan Kab. Blitar punya potensi permasalahan gangguan terkait masalah agama, namun FKUB selalu bersatu dan bersama dalam membahas dinamika persatuan dan kesatuan di masyarakat Kab. Blitar bahkan Sabar Sitompul menyampaikan adanya beberapa kabupaten kota yang sering study banding di FKUB Kab. Blitar, kita juga sering melaksanakan sosialisasi dan pemahaman seputar covid serta mengajak umat kristiani untuk Ikut program vaksinasi.

Sementara dari perwakilan Hindu Bapak Lestari menyampaikan “Selamat menjalankan tugas sebagai Kapolres Blitar yang baru, kita dari umat hindu selalu mendukung kegiatan perayaan umat agama lain diantaranya untuk pengamanan bagi saudara saudara yang menjalankan proses peringatan keagamaan yang sejak lama dilakukan.” 

Sedang penyampaian dari wanita Budha ibu Endang Sri mengungkapkan, pada saat kondisi seperti ini kegiatan kita dilaksanakan secara Daring, juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Polsek Selorejo dan Polres Blitar terkait pengamanan kegiatan peribadatan besok 28 September 2021, adanya kegiatan di Selorejo, jika berkenan Bapak Kapolres bisa hadir.

Pada puncak pertemuan dengan FKUB Kapolres Blitar AKBP Ditya Panji Anom, Kapolres menyampaikan terima kasih atas hadirnya dalam pertemuan Polres Blitar Santun, pertama terkait Penanganan Covid-19 kami sebagai anggota POLRI menjadi garda terdepan untuk penanganan Covid serta untuk Vaksinasi termasuk tugas Tracing hingga pemberian bantuan kepada masyarakat juga kita laksanakan.

" Terkait radikalisme maupun taliban agar dilakukan pemetaan oleh Sat Intelkam, dan jika ada kegiatan keagamaan masyarakat yang perlu bantuan pengamanan kita selalu dan selalu siap mengamankan dan kita berpesan agar tetap jaga Prokes, tentunya jika ada kelompok warga masyarakat yang menolak vaksinasi agar dukungan dari FKUB untuk Ikut mensosialisasikan dan memberikan pemahaman," kata AKBP Ditya dihadapan para tokoh Agama.

Kita saat ini juga menyiapkan isoter bagi masyarakat Kab Blitar yaitu di LEC Garum dan RS Srengat papar AKBP Ditya Panji Anom mengakhiri Pertemuan Polres Blitar Santun sambil memperkenalkan diri dan meminta dukungan para Tokoh masyarakat serta para Tokoh Agama yang tergabung FKUB. Les