Serahkan 70 Mobil Sehat, Bupati Yes Ingatkan Patuhi Prokes

Bupati Yes saat menyerahkan kunci replika Mobil Sehat ke perwakilan Kepala Desa. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Komitmen melayani kesehatan masyarakat terus dilakukan oleh Pemkab Lamongan. Salah satunya menambah mobil sehat untuk desa-desa, dan pada Senin (10/5/2021) bupati Yuhronur Efendi menyerahkan 70 mobil ambulance.

Penyerahan mobil ambulance diserahkan dalam apel di halaman Dinas Kesahatan Lamongan. Penyerahan mobil dilakukan secara simbolis kepada 7 (tujuh) desa. Dengan disalurkannya mobil sehat hari ini, total sudah tersalurkan sebanyak 432 unit mobil sehat, sehingga tinggal 42 desa yang belum menerima mobil sehat.

Yes mengungkapkan terkait desa yang belum menerima mobil sehat, akan terus diupayakan agar seluruhnya dapat segera menerima mobil sehat. Selain itu, Yes juga mengajak insan-insan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Alhamdulillah, indeks kesehatan masyarakat Lamongan terus mengalami kenaikan dan peningkatan. Kesehatan merupakan salah satu indikator capaian indeks pembangunan manusia di Lamongan. Pemberian mobil sehat ini adalah salah satu cara kita untuk meningkatkan indeks layanan kesehatan,” ucap Yes

Menurut Yes indeks layanan kesehatan ini bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Yes  juga telah merencanakan kedepannya untuk menciptakan program Home Care Service.

“Kedepan saya mempunyai program Home Care Service. Home Care Service ditujukan untuk memberikan pelayanan ke rumah-rumah, menjemput pelayanan ke rumah untuk masyarakat yang rentan tidak memperoleh pelayanan kesehatan, misalnya masyarakat yang sangat miskin yang tidak mampu untuk pergi ke puskesmas dan sebagainya, yang perlu dikunjungi dan dijaga dengan program Home Care Service ini,” tambah Yes.

Mobil sehat yang dicetuskan oleh mantan Bupati Lamongan alm. H. Fadeli untuk diserahkan kepada 474 desa/kelurahan, diharapkan mampu terus memberikan manfaat kepada masyarakat serta dapat mengungkit indeks kesehatan di Lamongan, dengan demikian indeks pembangunan masyarakat pun bisa meningkat dan lebih baik.

Selain itu, Yes juga terus mengingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski di Kabupaten Lamongan sudah tidak terdapat zona orange. Sebagaimana dilaporkan oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Taufik Hidayat, dari 27 kecamatan di Lamongan 21 kecamatan berada pada zona hijau dan 6 kecamatan zona kuning. “Kami terus berkomitmen melayani masyarakat dengan meningkatkan kualitas pelayanan melalui mobil sehat,” ujar dr. Taufik. jir